English
DOI:
https://doi.org/10.32678/tarbawi.v9i02.9352


Abstrak
Penelitian ini berujuan untuk mengetahui manajemen program KIR LIBA dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa di MAN 1 Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan yakni penelitian kualitatif. Teknik pngumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data dan penyajian data dalam bentuk naratif. Penelitian ini dikaji berdasarkan teori tujuan manajemen POAC (planning, organizing, actuating and controling). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) perencaan dalam program KIR LIBA dimulai dengan menentukan tujuan dan mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan program dalam satu tahun kedepan, seperti penyusunan program kerja dan rencana penggunaan estimasi anggaran dalam kurun satu periode. 2) pengorganisasian yakni pembentukan susunan pengurus organisasi agar tanggung jawab agar lebih mudah dalam pembagian tugas tiap devisi dalam menjalankan tanggung jawab dan program kerja masing-masing. 3) pelaksanaan dilakukan dengan pelaksanakan program kerja yang telah disusun dalam kegiatan perenccanaan dalam kurun satu periode kedepan, dalam KIR LIBA terdapat 8 macam program kerja dan kegiatan yang diakukan dalam satu tahun, setiap program kerja dilakukan dalam kurun tiap minggu, bulan hingga tahun. 4) monitoring dan evaluasi, monitoring dilakukan pada setiap kegiatan dilaksanakan dan evaluasi dilakukan setiap tahun sekali saat proses serah terima dan laporan pertanggung jawaban pengurus, evaluasi dilakukan oleh kepala madrasah, waka kesiswaan dan pembinaan KIR LIBA. Dengan manajemen yang sudah dilakukan oleh pengelola tim KIR LIBA dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa di MAN 1 Yogyakarta, hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya peserta didik yang lolos dalam kompetisi menulis internasional dalam satu periode ini.
Kata kunci: Manajemen, Program KIR LIBA, Kemampuan Menulis
Unduhan
Referensi
Angelliza Chantica, J., Cahyani, R., & Romadhon, A. (2022). Peranan manajemen pengawasan: komitmen, perencanaan, kemampuan karyawan (literature review MSDM). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(3), 247–256. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i3.829
Arifudin, M., Sholeha, F. Z., & Umami, L. F. (2021). Planning (perencanaan) dalam manajemen pendidikan Islam. Ma’alim: Jurnal Pendidikan Islam, 2(02), 146–160. https://doi.org/10.21154/maalim.v2i2.3720
Ceymi Doenyas, Zeynep Tunay Gul, B. A. (2023). A non-Western adaptation of the situated academic writing self-efficacy scale (SAWSES). Assessing Writing by Elsevier BV, 573. https://doi.org/10.1016/j.asw.2023.100763
Davila, Y. C., Griffiths, N., & Leigh, A. (2015). Supporting first year learning of scientific writing skills with a flipped embedded academic integrity module. Conference: Australian Conference on Science and Mathematics EducationAt: Curtin University, 21–22. https://openjournals.library.sydney.edu.au/index.php/IISME/article/view/8804
Devega, E. (2017). Teknologi masyarakat Indonesia: Malas baca tapi cerewet di medsos. Kominfo.
Djabidi, F. (2017). Manajemen mutu pendidikan pada tingkat dasar dan menengah. Adz-Zikr: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 36–54. https://doi.org/doi.org/10.55307/adzzikr.v2i1.36
Fauzi, R., Trisnamansyah, S., Hanafiah, & Danuwikarsa, I. (2021). Management of supervisor academic supervision in improving the pedagogic competence of Madrasah Ibtidaiyah teachers in Bandung City. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 7(2), 179–198. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v7i02.4755
Fitriyani, F., & Utama, E. G. (2019). Model pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa sekolah dasar. Journal of Educational Review and Research, 2(1), 77. https://doi.org/10.26737/jerr.v2i1.1921
Hartati, N. S., Thahir, A., & Fauzan, A. (2020). Manajemen program penguatan pendidikan karakter melalui pembelajaran daring dan luring di masa pandemi COVID-19-new normal. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 97–116. https://doi.org/10.19109/elidare.v6i2.6915
Huda, N. (2017). Manajemen pengembangan kurikulum. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 52–75. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v1i2.113
Kemendikbud Ristek. (2021). Meningkatkan kemampuan literasi dasar siswa Indonesia berdasarkan analisis data PISA 2018. In Pusat Penelitian Kebijakan (Nomor 3).
Kritiawan, D. S. & R. L. (2017). Manajemen Pendidikan. DeePublish.
Kuntoro, A. T. (2022). Manajemen mutu pendidikan Islam. Jurnal Kependidikan, 7(1), 84–97. https://doi.org/10.30821/hijri.v11i2.13072
Maisah. (2013). Managemen pendidikan. Gaung Persada Press Group Mufti.
Malawi, T. & K. (2017). Pembelajaran literasi berbasis sastra lokal. Media Grafika.
Mustari. (2014). Manajemen pendidikan. Raja Grafindo Persada.
Pakpahan, P. L., & Habibah, U. (2021). Manajemen program pengembangan kurikulum PAI dan budi pekerti dalam pembentukan karakter religius siswa. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(1), 1–20. https://doi.org/10.31538/tijie.v2i1.19
Prayoga, A. (2019). Manajemen program pembinaan akhlak karimah peserta didik melalui ekstrakurikuler. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 4(1), 93–104. https://doi.org/10.15575/isema.v4i1.5142
Rahman, F. A.-M. & M. A. ar. (2023). Academic writing of Saudi graduate students: Issues and improvements. Arab World English Journal (AWEJ, 14(March), 409–427.
Ramadhan. (2019). Manajemen program literasi dalam praktik pembudayaan membaca siswa di sekolah. Penguatan Karakter Berbasis Literasi Ajaran Tamansiswa Menghadapi Revolusi Industri 4.0, 463–470.
Ramadhan, M. (2021). Metode penelitian (A. A. Effendy (ed.)
Romlah. (2016). Manajemen pendidikan Islam. Harakindo Publishing.
Saputra, F., & Ali, H. (2022). Penerapan manajemen POAC: Pemulihan ekonomi serta ketahanan nasional pada masa pandemi COVID-19 (Literature review manajemen POAC). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(3), 316–328. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i3.733
Saputro, E. P., & Arikunto, S. (2018). Keefektifan manajemen program pembelajaran BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) di Kota Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(1), 122. https://doi.org/10.21831/amp.v6i1.8066
Sista, T. R., & Sodiqin, A. (2022). The Implementation of student management in discipline guidance at modern Islamic boarding schools Gontor. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 8(01), 103–112. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v8i01.5879
Sukardi. (2014). Metodologi Penelitian. Media Grafika.
Susanti, W. (2022). Manajemen pendidikan dan teknologi pendidikan (1 ed.). Media Sains Indonesia.
Tshotsho, B., & Cekiso, M. (2017). Assessing students’ academic writing at tertiary institutions: Implications for teaching writing. International Journal of Educational Sciences, 9(1), 65–72. https://doi.org/10.1080/09751122.2015.11890295
Vasileiou, I. (2023). Students with specific learning difficulties: Skills and problems in writing. In Children and Learning Difficulties (Thoroughly Revised Edition, 2023) (Fourth, hal. 105). Allied Publisher.
Wiedarti, P. E. a. (2018). Gerakan Literassi Sekolah (1 ed.). Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kemementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Zhang, G. (2015). It is suggested that…or it is better to…? Forms and meanings of subject it-extraposition in academic and popular writing. Journal of English Academic purposes. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.762000
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Wafiq Nur Ziyadatur Rohmah, Dina Nur Rohmatika, Oumaima Benkhouya

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.