Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi Berbasis KKNI SN-Dikti dan Kurikulum Merdeka dan OBE (Outcome Based Education)
DOI:
https://doi.org/10.32678/tarbawi.v10i01.9971


Kata Kunci:
KKNI SN-Dikti, merdeka belajar, outcome-based education approachAbstrak
Kualitas kurikulum adalah salah satu variabel penting dan menentukan dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan. Artinya, rumusan kurikulum yang berkualitas memiliki pengaruh signifikan terhadap kualitas pendidikan. Tuntutan kualitas pendidikan merupakan tantangan dalam pembuatan kurikulum yang berkualitas. Pendidikan dan kurikulum merupakan dua hal yang saling terkait, ibarat manusia, kurikulum merupakan jantung dari pendidikan. Dalam kurikulum KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) yang dikeluarkan oleh SN-Dikti (Sistem Nasional Pendidikan Tinggi) menjadi acuan utama dalam pengembangan kurikulum pendidikan tinggi di Indonesia. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur. Studi literatur adalah suatu metode penelitian yang melibatkan pengumpulan, analisis, dan sintesis informasi dari sumber-sumber literatur yang relevan dengan topik penelitian yang sedang diteliti. Dalam konteks pengembangan kurikulum pendidikan tinggi berbasis KKNI SN-Dikti, Kurikulum Merdeka, dan pendekatan OBE, studi literatur akan melibatkan pencarian dan analisis terhadap berbagai karya tulis yang mencakup teori, penelitian empiris, pandangan ahli, dan praktik terbaik yang terkait dengan topik tersebut.
Unduhan
Referensi
Abdiyah, L. (2021). Penerapan teori konstruktivistik dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar. ELSE (Elementary School Education Journal), 5(2), 127-136. http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55425
Aisyah, L., Rizqiqa, F. N. R., Putri, F. D., & Nulhaq, S. (2022). Kurikulum merdeka dalam perspektif pemikiran pendidikan Paulo Freire. At-Ta'lim: Jurnal Pendidikan, 8(2), 162-172. https://doi.org/10.55210/attalim.v8i2.819
Alt, D. (2015). Assessing the contribution of a constructivist learning environment to academic self-efficacy in higher education. Learning Environments Research, 18, 47-67. https://www.doi.org/10.1007/S10984-015-9174-5
Biggs, J., Tang, C., & Kennedy, G. (2022). Teaching for quality learning at university 5e. McGraw-hill education (UK).
Damit, M. A. A., Omar, M. K., & Puad, M. H. M. (2021). Issues and challenges of outcome-based education (OBE) implementation among Malaysian vocational college teachers. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 11(3), 197-211.
Fakhri, A. (2023). Kurikulum merdeka dan pengembangan perangkat pembelajaran: menjawab tantangan sosial dalam meningkatkan keterampilan abad 21. Proceeding UM Surabaya.
Fiandi, A. (2023). Konsep Outcome Based Education (OBE) Pada Lembaga Pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 1(1), 73-77. https://doi.org/10.62017/jppi.v1i1.119
Garcia, I. A., & Cano, E. M. (2014). Designing and implementing a constructionist approach for improving the teaching–learning process in the embedded systems and wireless communications areas. Computer Applications in Engineering Education, 22(3), 481-493. https://www.doi.org/10.1002/CAE.20574
Harjali, H. (2019). Building constructivist learning environment at senior high school in Indonesia. Qualitative Report, 24(9). https://www.doi.org/10.46743/2160-3715/2019.4001
Hopmann, S. T. (2003). On the evaluation of curriculum reforms. Journal of curriculum studies, 35(4), 459-478. https://www.doi.org/10.1080/00220270305520
Indra, IM, Harmadji, DE, Ismail, K., Harahap, TK, Cahaya, AB, Pandin, MYR, ... & Padli, H. (2023). Hasil pendidikan berbasis: implementasi merdeka belajar kampus merdeka. Penerbit Tahta Media.
Insani, F. D. (2019). Sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia sejak awal kemerdekaan hingga saat ini. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(1), 43-64. https://doi.org/10.51226/assalam.v8i1.132
Johnson, K. A., Busdieker-Jesse, N., McClain, W. E., & Lancaster, P. A. (2019). Feeding strategies and shade type for growing cattle grazing endophyte-infected tall fescue. Livestock Science, 230, 103829. https://doi.org/10.1016/j.livsci.2019.103829
Marisana, D., Iskandar, S., & Kurniawan, D. T. (2023). Penggunaan platform merdeka mengajar untuk meningkatkan kompetensi guru di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 7(1), 139-150. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4363
Muzakir, MI (2023). Implementasi kurikulum outcome based education (Obe) dalam sistem pendidikan tinggi di era revolusi industri 4.0. Edukasiana: Jurnal Pendidikan Islam, 2 (1), 118-139.
Neliwati, N., Marbun, D., & Mahariah, M. (2019). The implementation of curriculum based indonesian national qualification framework (kkni) in islamic education study program at the islamic higher education in medan. International Journal on Language, Research and Education Studies, 3(1), 71-84. https://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ijlres/article/view/3184
Nurhidayati, N. (2023). Pengembangan kurikulum. PT. Mifandi Mandiri Digital Redaksi
Nurwardani, P., Nugroho, SW, Mulyono, E., Cahyono, E., Kusumawardani, SS, Nugroho, SW, & Priyautama, F. (2019). Panduan penyusunan kurikulum pendidikan tinggi di era industri 4.0. Belmawa, Kemristekdikti.
Ohatkar, S. N., & Deshpande, A. M. (2022). Outcome-based education: A learner-centric pedagogical framework with case studies in digital communication and signal processing courses. Journal of Engineering Education Transformations, 36 (Special Issue 1). https://www.doi.org/10.16920/jeet/2022/v36is1/22172
Philiyanti, F., Prasetio, V. M., & Sari, L. P. (2021). Relevansi kebutuhan stake holder terhadap pengembangan kurikulum berbasis keterampilan abad 21. Kagami: Jurnal Pendidikan dan Bahasa Jepang, 12(2), 12-20. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/kagami/article/view/23833
Prihatiningsih, T. S. (2023). Kurikulum Berbasis Kompetensi (Capaian Pembelajaran) untuk Pendidikan Kedokteran dan Profesi Kesehatan: Implikasi Kebijakan dan Tantangan Implementasi. UGM PRESS.
Pritasari, O., Wilujeng, B. Y., & Windayani, N. R. (2023). Penerapan kurikulum outcome based education (OBE) dalam kurikulum merdeka belajar kurikulum merdeka di prodi S1 pendidikan tata rias. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 5(1), 41-48. https://doi.org/10.26740/jvte.v5n1.p41-48
Pritasari, O., Wilujeng, B. Y., & Windayani, N. R. (2023). Penerapan kurikulum outcome based education (OBE) dalam kurikulum merdeka belajar kurikulum merdeka di prodi S1 pendidikan tata rias. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 5(1), 41-48. https://doi.org/10.26740/jvte.v5n1.p41-48
Rahdiyanta, D. (2003). Kurikulum berbasis kompetensi (KBK) pengertian dan konsep KBK. In Seminar Nasional Implementasi KBK di PT-UNY, Agustus. 1-10.
Rajaee, N., Junaidi, E., Taib, S. N. L., Salleh, S. F., & Munot, M. A. (2013). Issues and challenges in implementing outcome based education in engineering education. International Journal for Innovation Education and Research, 1(4), 1-9.
Ramli, M. I., Thaha, M. A., & Tjaronge, M. W. (2022). Pelatihan metode pengukuran capaian pembelajaran kurikulum prodi teknik sipil berbasis outcome based education (OBE) pada anggota BMPTTSSI. Jurnal Tepat: Teknologi Terapan untuk Pengabdian Masyarakat, 5(1), 118-126. https://doi.org/10.25042/jurnal_tepat.v5i1.226
Risna, R. (2023) Analyzing the efficacy of outcome-based education in Kurikulum Merdeka: A literature-based perspective. Curricula: Journal of Curriculum Development, 2(2), 155-166. https://doi.org/10.17509/curricula.v2i2.59624
Rosiawan, M. (2022, December). Implementing outcome-based education in accordance with ISO 21001 Requirements. In Proceedings of the 19th International Symposium on Management (INSYMA 2022) (pp. 1067-1077). Atlantis Press. https://www.doi.org/10.2991/978-94-6463-008-4_132
Rosidah, C. T., Pramulia, P., & Susiloningsih, W. (2021). Analisis kesiapan guru mengimplementasikan asesmen autentik dalam kurikulum merdeka belajar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(01), 87-103. https://doi.org/10.21009/jpd.v12i01.21159
Sari, E. C. (2022). Kurikulum di Indonesia: Tinjauan perkembangan kurikulum pendidikan. Inculco Journal of Christian Education, 2(2), 93-109. https://doi.org/10.59404/ijce.v2i2.54
Srinivasan, S., Tharoor, V. V., Suresh, S., & Dhanya, N. M. (2022, November). A unique approach towards implementing a data science oriented OBE management system. In 2022 International Conference on Augmented Intelligence and Sustainable Systems (ICAISS) (pp. 598-603). IEEE. https://www.doi.org/10.1109/icaiss55157.2022.10011095
Sukirman, S. (2022). The KKNI-based ELT curriculum applied in Islamic higher education in Indonesia: Global curriculum ideology perspectives. Kasetsart Journal of Social Sciences, 43(2), 311-322. Available at SSRN: https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=4204998
Suwandi, S. (2020, Oktober). Pengembangan kurikulum program studi pendidikan bahasa (dan sastra) Indonesia yang responsif terhadap kebijakan merdeka belajar-kampus merdeka dan kebutuhan pembelajaran abad ke-21. Dalam Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra (hlm. 1-12). https://ejournal.unib.ac.id/semiba/article/view/13356
Tan, A. (2018). Integrating outcomes-based education (OBE) in curriculum development: A case study in higher education. International Journal of Education, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.5296/ije.v10i1.12378
Tintingon, J. Y., Lumapow, H. R., & Rotty, V. N. J. (2023). Problematika dan Perubahan Kebijakan Pendidikan di Indonesia. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 798-809. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5088
Tosepu, YA (2018). Arah perkembangan pendidikan tinggi Indonesia. Penerbitan Jakad Media.
Wang, J. (2013, November). The comparison and inspiration of outcome-based curriculum design in Canada and higher vocational education in China. In 2nd International Conference on Management Science and Industrial Engineering (MSIE 2013) (pp. 705-708). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/msie-13.2013.158
Waseso, HP, & Hidayat, MS (2016). Mengaplikasikan kurikulum berbasis KKNI: Pengalaman di Program Studi PGMI UNSIQ Jawa Tengah . Penerbit Mangku Bumi.
Wati, D. S. S., Aziz, A., & Fitri, A. Z. (2023). Kebijakan kurikulum merdeka belajar di perguruan tinggi. Journal of Education Research, 4(3), 1021-1030. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.248
Yanda, F., Khoiriyah, K., Thamrin, N. S., Ruminar, H., & Humaera, I. (2022). National qualifications framework in practice: Problematising an initial teacher education (ITE) curriculum from a curriculum ergonomics perspective. SALEE: Study of Applied Linguistics and English Education, 3(2), 265-281. https://orcid.org/0000-0003-0710-6310
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Agus Pahrudin, Listiyani Siti Romlah, Murtando Murtando

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.