Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi Berbasis KKNI SN-Dikti dan Kurikulum Merdeka dan OBE (Outcome Based Education)

Penulis

  • Agus Pahrudin Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Listiyani Siti Romlah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Murtando Murtando Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32678/tarbawi.v10i01.9971
Statistics: Abstrak viewed : 740 times | PDF (English) downloaded : 465 times

Kata Kunci:

KKNI SN-Dikti, merdeka belajar, outcome-based education approach

Abstrak

Kualitas kurikulum adalah salah satu variabel penting dan menentukan dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan. Artinya, rumusan kurikulum yang berkualitas memiliki pengaruh signifikan terhadap kualitas pendidikan. Tuntutan kualitas pendidikan merupakan tantangan dalam pembuatan kurikulum yang berkualitas. Pendidikan dan kurikulum merupakan dua hal yang saling terkait, ibarat manusia, kurikulum merupakan jantung dari pendidikan. Dalam kurikulum KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) yang dikeluarkan oleh SN-Dikti (Sistem Nasional Pendidikan Tinggi) menjadi acuan utama dalam pengembangan kurikulum pendidikan tinggi di Indonesia. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur. Studi literatur adalah suatu metode penelitian yang melibatkan pengumpulan, analisis, dan sintesis informasi dari sumber-sumber literatur yang relevan dengan topik penelitian yang sedang diteliti. Dalam konteks pengembangan kurikulum pendidikan tinggi berbasis KKNI SN-Dikti, Kurikulum Merdeka, dan pendekatan OBE, studi literatur akan melibatkan pencarian dan analisis terhadap berbagai karya tulis yang mencakup teori, penelitian empiris, pandangan ahli, dan praktik terbaik yang terkait dengan topik tersebut.          

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdiyah, L. (2021). Penerapan teori konstruktivistik dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar. ELSE (Elementary School Education Journal), 5(2), 127-136. http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55425

Aisyah, L., Rizqiqa, F. N. R., Putri, F. D., & Nulhaq, S. (2022). Kurikulum merdeka dalam perspektif pemikiran pendidikan Paulo Freire. At-Ta'lim: Jurnal Pendidikan, 8(2), 162-172. https://doi.org/10.55210/attalim.v8i2.819

Alt, D. (2015). Assessing the contribution of a constructivist learning environment to academic self-efficacy in higher education. Learning Environments Research, 18, 47-67. https://www.doi.org/10.1007/S10984-015-9174-5

Biggs, J., Tang, C., & Kennedy, G. (2022). Teaching for quality learning at university 5e. McGraw-hill education (UK).

Damit, M. A. A., Omar, M. K., & Puad, M. H. M. (2021). Issues and challenges of outcome-based education (OBE) implementation among Malaysian vocational college teachers. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 11(3), 197-211.

Fakhri, A. (2023). Kurikulum merdeka dan pengembangan perangkat pembelajaran: menjawab tantangan sosial dalam meningkatkan keterampilan abad 21. Proceeding UM Surabaya.

Fiandi, A. (2023). Konsep Outcome Based Education (OBE) Pada Lembaga Pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 1(1), 73-77. https://doi.org/10.62017/jppi.v1i1.119

Garcia, I. A., & Cano, E. M. (2014). Designing and implementing a constructionist approach for improving the teaching–learning process in the embedded systems and wireless communications areas. Computer Applications in Engineering Education, 22(3), 481-493. https://www.doi.org/10.1002/CAE.20574

Harjali, H. (2019). Building constructivist learning environment at senior high school in Indonesia. Qualitative Report, 24(9). https://www.doi.org/10.46743/2160-3715/2019.4001

Hopmann, S. T. (2003). On the evaluation of curriculum reforms. Journal of curriculum studies, 35(4), 459-478. https://www.doi.org/10.1080/00220270305520

Indra, IM, Harmadji, DE, Ismail, K., Harahap, TK, Cahaya, AB, Pandin, MYR, ... & Padli, H. (2023). Hasil pendidikan berbasis: implementasi merdeka belajar kampus merdeka. Penerbit Tahta Media.

Insani, F. D. (2019). Sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia sejak awal kemerdekaan hingga saat ini. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(1), 43-64. https://doi.org/10.51226/assalam.v8i1.132

Johnson, K. A., Busdieker-Jesse, N., McClain, W. E., & Lancaster, P. A. (2019). Feeding strategies and shade type for growing cattle grazing endophyte-infected tall fescue. Livestock Science, 230, 103829. https://doi.org/10.1016/j.livsci.2019.103829

Marisana, D., Iskandar, S., & Kurniawan, D. T. (2023). Penggunaan platform merdeka mengajar untuk meningkatkan kompetensi guru di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 7(1), 139-150. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4363

Muzakir, MI (2023). Implementasi kurikulum outcome based education (Obe) dalam sistem pendidikan tinggi di era revolusi industri 4.0. Edukasiana: Jurnal Pendidikan Islam, 2 (1), 118-139.

Neliwati, N., Marbun, D., & Mahariah, M. (2019). The implementation of curriculum based indonesian national qualification framework (kkni) in islamic education study program at the islamic higher education in medan. International Journal on Language, Research and Education Studies, 3(1), 71-84. https://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ijlres/article/view/3184

Nurhidayati, N. (2023). Pengembangan kurikulum. PT. Mifandi Mandiri Digital Redaksi

Nurwardani, P., Nugroho, SW, Mulyono, E., Cahyono, E., Kusumawardani, SS, Nugroho, SW, & Priyautama, F. (2019). Panduan penyusunan kurikulum pendidikan tinggi di era industri 4.0. Belmawa, Kemristekdikti.

Ohatkar, S. N., & Deshpande, A. M. (2022). Outcome-based education: A learner-centric pedagogical framework with case studies in digital communication and signal processing courses. Journal of Engineering Education Transformations, 36 (Special Issue 1). https://www.doi.org/10.16920/jeet/2022/v36is1/22172

Philiyanti, F., Prasetio, V. M., & Sari, L. P. (2021). Relevansi kebutuhan stake holder terhadap pengembangan kurikulum berbasis keterampilan abad 21. Kagami: Jurnal Pendidikan dan Bahasa Jepang, 12(2), 12-20. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/kagami/article/view/23833

Prihatiningsih, T. S. (2023). Kurikulum Berbasis Kompetensi (Capaian Pembelajaran) untuk Pendidikan Kedokteran dan Profesi Kesehatan: Implikasi Kebijakan dan Tantangan Implementasi. UGM PRESS.

Pritasari, O., Wilujeng, B. Y., & Windayani, N. R. (2023). Penerapan kurikulum outcome based education (OBE) dalam kurikulum merdeka belajar kurikulum merdeka di prodi S1 pendidikan tata rias. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 5(1), 41-48. https://doi.org/10.26740/jvte.v5n1.p41-48

Pritasari, O., Wilujeng, B. Y., & Windayani, N. R. (2023). Penerapan kurikulum outcome based education (OBE) dalam kurikulum merdeka belajar kurikulum merdeka di prodi S1 pendidikan tata rias. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 5(1), 41-48. https://doi.org/10.26740/jvte.v5n1.p41-48

Rahdiyanta, D. (2003). Kurikulum berbasis kompetensi (KBK) pengertian dan konsep KBK. In Seminar Nasional Implementasi KBK di PT-UNY, Agustus. 1-10.

Rajaee, N., Junaidi, E., Taib, S. N. L., Salleh, S. F., & Munot, M. A. (2013). Issues and challenges in implementing outcome based education in engineering education. International Journal for Innovation Education and Research, 1(4), 1-9.

Ramli, M. I., Thaha, M. A., & Tjaronge, M. W. (2022). Pelatihan metode pengukuran capaian pembelajaran kurikulum prodi teknik sipil berbasis outcome based education (OBE) pada anggota BMPTTSSI. Jurnal Tepat: Teknologi Terapan untuk Pengabdian Masyarakat, 5(1), 118-126. https://doi.org/10.25042/jurnal_tepat.v5i1.226

Risna, R. (2023) Analyzing the efficacy of outcome-based education in Kurikulum Merdeka: A literature-based perspective. Curricula: Journal of Curriculum Development, 2(2), 155-166. https://doi.org/10.17509/curricula.v2i2.59624

Rosiawan, M. (2022, December). Implementing outcome-based education in accordance with ISO 21001 Requirements. In Proceedings of the 19th International Symposium on Management (INSYMA 2022) (pp. 1067-1077). Atlantis Press. https://www.doi.org/10.2991/978-94-6463-008-4_132

Rosidah, C. T., Pramulia, P., & Susiloningsih, W. (2021). Analisis kesiapan guru mengimplementasikan asesmen autentik dalam kurikulum merdeka belajar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(01), 87-103. https://doi.org/10.21009/jpd.v12i01.21159

Sari, E. C. (2022). Kurikulum di Indonesia: Tinjauan perkembangan kurikulum pendidikan. Inculco Journal of Christian Education, 2(2), 93-109. https://doi.org/10.59404/ijce.v2i2.54

Srinivasan, S., Tharoor, V. V., Suresh, S., & Dhanya, N. M. (2022, November). A unique approach towards implementing a data science oriented OBE management system. In 2022 International Conference on Augmented Intelligence and Sustainable Systems (ICAISS) (pp. 598-603). IEEE. https://www.doi.org/10.1109/icaiss55157.2022.10011095

Sukirman, S. (2022). The KKNI-based ELT curriculum applied in Islamic higher education in Indonesia: Global curriculum ideology perspectives. Kasetsart Journal of Social Sciences, 43(2), 311-322. Available at SSRN: https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=4204998

Suwandi, S. (2020, Oktober). Pengembangan kurikulum program studi pendidikan bahasa (dan sastra) Indonesia yang responsif terhadap kebijakan merdeka belajar-kampus merdeka dan kebutuhan pembelajaran abad ke-21. Dalam Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra (hlm. 1-12). https://ejournal.unib.ac.id/semiba/article/view/13356

Tan, A. (2018). Integrating outcomes-based education (OBE) in curriculum development: A case study in higher education. International Journal of Education, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.5296/ije.v10i1.12378

Tintingon, J. Y., Lumapow, H. R., & Rotty, V. N. J. (2023). Problematika dan Perubahan Kebijakan Pendidikan di Indonesia. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 798-809. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5088

Tosepu, YA (2018). Arah perkembangan pendidikan tinggi Indonesia. Penerbitan Jakad Media.

Wang, J. (2013, November). The comparison and inspiration of outcome-based curriculum design in Canada and higher vocational education in China. In 2nd International Conference on Management Science and Industrial Engineering (MSIE 2013) (pp. 705-708). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/msie-13.2013.158

Waseso, HP, & Hidayat, MS (2016). Mengaplikasikan kurikulum berbasis KKNI: Pengalaman di Program Studi PGMI UNSIQ Jawa Tengah . Penerbit Mangku Bumi.

Wati, D. S. S., Aziz, A., & Fitri, A. Z. (2023). Kebijakan kurikulum merdeka belajar di perguruan tinggi. Journal of Education Research, 4(3), 1021-1030. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.248

Yanda, F., Khoiriyah, K., Thamrin, N. S., Ruminar, H., & Humaera, I. (2022). National qualifications framework in practice: Problematising an initial teacher education (ITE) curriculum from a curriculum ergonomics perspective. SALEE: Study of Applied Linguistics and English Education, 3(2), 265-281. https://orcid.org/0000-0003-0710-6310

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-05-31

Cara Mengutip

Pahrudin, A. ., Siti Romlah, L., & Murtando, M. (2024). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi Berbasis KKNI SN-Dikti dan Kurikulum Merdeka dan OBE (Outcome Based Education). Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 10(01), 161–168. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v10i01.9971

Terbitan

Bagian

Review Articles