Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Peserta Didik Materi “Meraih Kesuksesan Dengan Kompetisi Dalam Kebaikan dan Etos Kerja“ Kelas X SMK PGRI Lemahabang Tahun Pelajaran 2024/2025

Main Article Content

Dinni Musyarofah
Abdul Qodir

Abstract

Guru di kelas masih berperan sebagai pusat pembelajaran dan siswa dibiarkan duduk, dengar, catat dan hafal. Siswa di kelas tidak dibiasakan untuk belajar secara aktif. Guru belum maksimal dalam menggunakan model yang tepat untuk melibatkan siswa secara langsung, sehingga siswa terbiasa   diam, takut mengeluarkan ide atau pendapat dan tidak berani bertanya. Aktivitas belajar siswa yang rendah tersebut berpengaruh terhadap hasil belajarnya yang cenderung rendah. Untuk menemukan  solusi  dari  permasalahan  tersebut,  maka  peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan menerapkan salah satu model pembelajaran inovatif, yaitu model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar PAI peserta didik materi “meraih kesuksesan dengan kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja“ kelas X SMK PGRI Lemahabang tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian ini yaitu setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMK PGRI Telagasari dengan menggunakan model Problem Based Learning sebagai upaya peningkatan prestasi belajar PAI materi Meraih kesuksesan dengan kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja. Penelitian ini untuk mengetahui perkembangan peserta didik agar prestasinya meningkat dengan melalui penelitian siklus 1 dan siklus 2.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Musyarofah, D., & Qodir, A. (2025). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Peserta Didik Materi “Meraih Kesuksesan Dengan Kompetisi Dalam Kebaikan dan Etos Kerja“ Kelas X SMK PGRI Lemahabang Tahun Pelajaran 2024/2025 . Teacher Professional Education Journal, 2(1), 43–51. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/tpej/article/view/11883
Section
Articles

References

Azhar Arsyad. (2003). Media Pembelajaran, Jakarta : PT Radja Grafindo Persada.

Dimyati dan Mujiono. Belajar dan Pembelajaran, (1996). Jakarta: Dirjen Pendidikan tinggi Depdikbud. Rineka Cipta.

Mulyasa. Menjadi Guru Profesional, (2005), Bandung : Remaja Rosdakarya.

Rohani Ahmad, Abu Ahmadi. (1995). Pengelolaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Soekamto dan Winataputra. (1997). Teori Belajar dan Metode-Metode Pembelajaran Jakarta direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sudjana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, 2005, Bandung: Remaja Rosdakarya

Winkel,W.S. (1991), Psikologi Pengajaran, 1991, Jakarta : Grasindo.

Muslimin Ibrahim, dkk., Pembelajaran Kooperatif, 2000, Surabaya : Pusat Sains dan Matematika Sekolah Program pasca Sarjana UNESA UnXersity Press.