Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas III pada Materi Salat Sunah Rawatib dengan Metode Problem Solving di MIS Nurul Falah 1 Mekarjaya

Authors

  • Ahmad Multazam MIS Nurul Falah 1 Mekarjaya
  • Abdul Qodir UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/tpej.v1i01.11920
Statistics: Abstract viewed : 6 times | PDF downloaded : 0 times

Keywords:

Reformasi Pendidikan, Peran Guru, Motivasi Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran mata pelajaran Fiqh, khususnya materi Shalat Sunah Rawatib, di kelas III MIS Nurul Falah 1 Mekarjaya. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode problem solving dalam proses belajar mengajar. Penelitian dilakukan melalui dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode problem solving efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar mereka. Observasi, wawancara, dan angket digunakan sebagai instrumen pengumpulan data. Analisis data dilakukan secara kualitatif dengan menggambarkan hasil belajar siswa melalui persentase. Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa kerjasama antara guru, pihak sekolah, orang tua siswa, dan masyarakat penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Guru perlu menguasai materi dengan baik, menyusun pembelajaran yang terstruktur, dan terus mengembangkan diri. Sekolah perlu memberikan motivasi dan dukungan, serta menyediakan sarana dan prasarana yang memadai. Kolaborasi yang kokoh antara semua pihak dapat membantu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi peserta didik, sehingga meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Multazam, A., & Qodir, A. (2024). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas III pada Materi Salat Sunah Rawatib dengan Metode Problem Solving di MIS Nurul Falah 1 Mekarjaya. Teacher Professional Education Journal, 1(01), 7–16. https://doi.org/10.32678/tpej.v1i01.11920

Issue

Section

Articles