Peningkatan Nilai Sikap Kebhinekaan Melalui Model Pembelajaran Value Clarification Technique di SMKN 4 Kota Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.32678/tpej.v1i01.11922


Keywords:
PTK, Siswa, PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan nilai sikap kebhinekaan melalui model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) di SMKN4 Kota Tangerang Selatan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Salah satu jenjang penting dalam upaya penanaman nilai kebhinekaan siswa terdapat pada masa usia Remaja. Hasil penelitian ini yaitu pada pertemuan pertama pembelajaran diikuti oleh 20 siswa, dengan jumlah skor keseluruhan pertemuan 1 mencapai 190 poin, lalu pada pertemuan 2 masing- masing indikator meningkat menjadi 222 poin hingga pada pertemuan 3 memperoleh jumlah skor keselurhan sebesar 246 poin. Sehingga persentase nilai sikap kebhinekaan siswa sudah terlihat meningkat dibanding dengan prasiklus, yaitu menjadi 54,8% dengan kategori baik, namun dikarenakan hasil persentase belum mencapai kriteria keberhasilan dimana persentase nilai sikap kebhinekaan siswa dalam proses pembelajaran harus mencapai 70% dengan kriteria baik. Oleh sebab itu, dilanjutkannya upaya perbaikan pada siklus II. Pada siklus II setelah adanya perbaikan mengalami peningkatan yang cukup signifikan pada siklus II dibanding siklus I, hal ini terlihat perolehan masing- masing indikator yang meningkat dari pertama, kedua hingga pertemuan ketiga.
Downloads
References
Anjarsari, W., Suchie, S., & Komaludin, D. (2021). Implementasi Pembelajaran Online Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. PRISMA, 10(2), 255263.
Astawa, I. W. W., Putra, M., & Abadi, I. B. G. S. (2020). Pembelajaran PAI dengan Model VCT Bermuatan Nilai Karakter Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 199210. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.25677
Astiti, K. A. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Penerbit Andi.
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 12241238.
Jamaludin, J., Amus, S., & Hasdin, H. (2022). Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Kampus Mengajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 698709. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2553.
Lestari, G. (2016). Bhinnekha Tunggal Ika: Khasanah Multikultural Indonesia di Tengah Kehidupan SARA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 28(1). https://doi.org/10.17977/jPAI.v28i1.5437.
Lutfiana, D. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Matematika SMK Diponegoro Banyuputih. Vocational: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(4), 310319. https://doi.org/10.51878/vocational.v2i4.1752.
Muzakkir, M., & Dani, A. U. (2020). Analisis Nilai-Nilai Kebangsaan Dan Kebhinekaan di Madrasah Madani Alauddin Makassar. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 9(2), 117. https://doi.org/10.24252/ip.v9i2.14938.
Nugroho, A., & Wijayanti, M. P. (2016). Peran Pendidikan Karakterdalam Menanamkan Nilai-Nilai Kebhinnekaan. Kata Pengantar.
Septiningrum, E. S., Wahyudi, W., & Salimi, M. (2020). The Use Of Value Clarification Technique (VCT) In Improving Pancasila And Civics Education Learning. Dimensi Pendidikan, 16(2).
Subali, B., & Guru, S. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Makalah Disajikan Pada Kegiatan Latihan Dan Bimbingan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru SMAN,1.
Sugiyadi, S., & Putro, H. E. (2017). Integrasi Nilai Kebhinekaaan pada Pembelajaran Kemuhammadiyahan sebagai Pembentukan Karakter Kebangsaan Siswa. URECOL, 271276.
Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik, 155167.
Widiansyah, A., & Putri, F. D. C. (2022). Dinamika Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Gurudan Siswa Masa Pandemi Covid-19 di Lingkungan SDN Harapan Jaya IX Bekasi. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).
Wildan, W. (2017). Pelaksanaan Penilaian Autentik Aspek Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan di Sekolah atau Madrasah. Jurnal Tatsqif, 15(2), 131153. https://doi.org/10.20414/jtq.v15i2.3.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Faruki, Siti Ngaisah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.