Peningkatan Hasil Belajar PAI Materi Iman Kepada Rasul Allah Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT)
Abstract viewed : 1 times
|
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 1 times
Keywords:
Numbered Heads Together, Hasil Belajar, Keaktifan SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) khususnya pada materi Iman kepada Rasul Allah melalui penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Model ini merupakan salah satu strategi pembelajaran kooperatif yang melibatkan seluruh siswa secara aktif dalam diskusi kelompok melalui penomoran dan tanggung jawab individu dalam menjawab pertanyaan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Tegalwaru, Karawang, dengan jumlah peserta 28 orang. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata hasil belajar meningkat dari 70 pada pra-siklus menjadi 78 pada siklus I dan 87 pada siklus II. Aktivitas siswa juga meningkat signifikan, ditunjukkan dengan meningkatnya keaktifan bertanya, berdiskusi, dan berpartisipasi selama proses pembelajaran berlangsung. Dengan demikian, model Numbered Heads Together terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar PAI materi Iman kepada Rasul Allah
Downloads
References
Arifah, D., Nur, K., & Amaliah, A. (2025). Strategi Efektif Membimbing Diskusi Kelompok Kecil Untuk Meningkatkan Kolaborasi Siswa. Harmoni Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 213-220.
Basyiroh, I., Ramdani, C., & Husni, J. (2024). Manajemen Kelembagaan Di RA Hidayatul Islamiyah Kecamatan Jatisari Kabupaten Karawang. Banun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 50-56.
Briliandika, D., Putra, D. A., & Afiani, K. D. A. (2021). Analisis Model Pembelajaran NHT Dalam Meningkatakan Kemampuan Berpikir Kritis. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 16-29.
Cahyani, M. M., & Maftuhah, M. (2025). Pembelajaran Kooperatif Berbasis Zona Proksimal untuk Mengatasi Kesenjangan Prestasi Bahasa Arab di SD Islam Insan Kamil Tuban. PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction, 9(1), 50-62.
Candira, D., Adekamisti, R., Harmi, H., Ifnaldi, I., & Ristianti, D. H. (2025). Evaluasi Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(6), 5725-5733.
Hidayah, N. N., Nisa, S., Fatmawati, N., Pangestu, S. S., Ananda, R., Pratiwi, E. Y., ... & Winandika, G. (2024). Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD pada Pembelajaran IPS. Jurnal Basicedu, 1.
Judrah, M., Arjum, A., Haeruddin, H., & Mustabsyirah, M. (2024). Peran guru pendidikan agama Islam dalam membangun karakter peserta didik upaya penguatan moral. Journal of Instructional and Development Researches, 4(1), 25-37.
Khoiriyah, S. (2018). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam pembelajaran matematika. JURNAL e-DuMath, 4(2), 30-35.
Mamduhah, A., & Rijal, M. R. (2025). Pengaruh Metode Edutainment Terhadap Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Malaikat dan Tugasnya di Kelas 2 SDN Jatibaru I. Teacher Professional Education Journal, 2(01), 1-9.
Multazam, A., & Qodir, A. (2024). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas III pada Materi Salat Sunah Rawatib dengan Metode Problem Solving di MIS Nurul Falah 1 Mekarjaya. Teacher Professional Education Journal, 1(01), 7-16.
Nur, F. (2025). Analisis Strategi Pemberian Reward dalam Meningkatkan Minat Belajar pada Siswa Kelas IV MI Darul Ulum Semarang. Jurnal Guru Sekolah Dasar, 1(5), 1-10.
Palupi, D. I., Rahmani, E., Yusnita, E., Pertiwi, H., Gustina, H., & Priyanti, N. (2023). Mengenal model kooperatif Numbered Head Together (NHT) untuk pembelajaran anak usia dini. EDUKASIA Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 21-28.
Pendy, A., & Mbagho, H. M. (2021). Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Pada Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal Basicedu, 5(1), 165-177.
Qodir, A., Muslihah, E., & Setiawan, R. (2024). Optimization Of Online Learning: Implementation Of E-Learning Models In Islamic Education Programs. Jurnal At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2).
Qodir, A., Muslihah, E., & Setiawan, R. (2024). Optimization Of Online Learning: Implementation Of E-Learning Models In Islamic Education Programs. Jurnal At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2).
Ramdani, C., Miftahudin, U., & Latif, A. (2023). Peran Keluarga Dalam Pendidikan Karakter. Banun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 12-20.
Samrin, S., Rijal, M., & Syamsuddin, S. (2021). Use of Cooperative Learning Model With Team Games Tournament (TGT) to Increase Students’ Learning Achievement in Islamic Education at SMAN 6 Wangi-Wangi of Wakatobi. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(02).
Satar, S., Judijanto, L., Haryono, P., Septikasari, D., Zamsir, Z., Pirmani, P., ... & Gaspersz, V. (2025). Metode dan Model Pembelajar Inovatif: Teori dan Praktik. PT. Green Pustaka Indonesia.
Ulumudin, I., Basyiroh, I., & Ramdani, C. (2024). Transforming Islamic Education through IT: Insights from Da'wah Practices in South Korea. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 2(6), 23-30.
Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode penelitian tindakan kelas (PTK): Panduan praktis untuk guru dan mahasiswa di institusi pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19-19.
Wati, S., Ardiansyah, B., Cahyo, A., & Abimanyu, A. A. (2025). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Menggunakan Metode Problem Based Learning Ditinjau dari Efikasi Diri. Research and Development Journal of Education, 11(1), 494-504.
Yusuf, M., & Hamami, T. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Menyiapkan Peserta Didik dalam Menghadapi Tes Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Basicedu, 6(2), 3012-3024.
Zain, N. H., Iswantir, I., Wati, S., & Zakir, S. (2025). Reformasi dan Arah Baru Pendidikan Agama Islam Masa Depan. Invention: Journal Research and Education Studies, 494-514.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dinni Musyarofah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.