Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Indahnya Saling Menghargai Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping pada Siswa Kelas V SD

Penulis

  • Suherman Suherman SDN Pasirtalaga III
  • Siti Shalihah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/tpej.v1i02.11926
Statistics: Abstrak viewed : 4 times | PDF (English) downloaded : 0 times

Kata Kunci:

Penelitian Tindakan Kelas, Pemetaan Pikiran, Hasil Belajar Siswa, Sikap Saling Menghargai

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi "Indahnya Saling Menghargai" di kelas V SDN Pasirtalaga III melalui penerapan metode pembelajaran Mind Mapping. Metode ini dianggap sebagai alternatif yang efektif untuk mendorong pemahaman yang lebih baik dan hasil belajar yang lebih tinggi. Penelitian dilaksanakan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) selama dua siklus pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Mind Mapping dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa secara signifikan. Pada akhir siklus kedua, ketuntasan belajar mencapai 88,09%, menandakan peningkatan yang signifikan dari siklus pertama. Selain itu, aktivitas siswa dalam pembelajaran juga meningkat, dengan lebih banyak siswa aktif mencari jawaban, berdiskusi, dan berpartisipasi dalam pembelajaran. Kesimpulannya, metode Mind Mapping efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi "Indahnya Saling Menghargai". Dengan penerapan metode ini, siswa dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik dan hasil belajar yang lebih tinggi, serta lebih aktif dalam proses pembelajaran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdul Azis, Pedoman Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Umum, (Jakarta: DirektoratJenderal Kelembagaan Agama Islam, 2004)

Bobby De Porter, B dan Hemacki, M, Quantum teaming: Membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan. (Bandung: Kaifa, 2000) h. 152

Eric Jensen, Pemetaan Pikiran, (Bandung, Angkasa 2002), h. 95

Hamzah B. Uno. Teori Motivasi &Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan ( Jakarta: PT. Bumi Aksara. 2008). h. 1

Iwan Sugiarto, Membaca cepat. Jakarta: (Jakarta; Pustaka Binama Pressindo, 2004), h. 75

Laura A. King, The Science Of Psyschology, an Appreciative View, Terjemahan Brian Marwensdy, S.Psi., (Jakarta: Salemba Humanika, 2007), h. 64

Nana Sudjana. Dasar dasar Proses Mengajar. (Bandung: Sinar Baru, 2002)

Nasih, Ahmad Munjin dan Lilik Nur Kholidah, Metode Dan Teknik Pembelajaran PAI,Bandung, Refika Aditama, 2009

Rusman, Model-Model Pembelajaran, Jakarta, Raja Grafindo persada, 2010 Sukidin, dkk. 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insan

Sardiman A.M, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2007), h. 73

Taufik Bahaudin, Mind dan Brand, (Jakarta, PT. Salemba Emban Patria, 1999), h. 53

Tonny dan Bary Buzan, Pembelajaran Mind Mapping, (Jakarta, PT Raja Grafindo Persada, 2004) h, 68.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-10-31

Cara Mengutip

Suherman, S., & Shalihah, S. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Indahnya Saling Menghargai Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping pada Siswa Kelas V SD. Teacher Professional Education Journal, 1(02), 55–60. https://doi.org/10.32678/tpej.v1i02.11926

Terbitan

Bagian

Articles