IMPLEMENTASI PELIBATAN DAN PEMBERDAYAAN DALAM KUALITAS PADA ORGANISASI PELAJAR MADRASAH ALIYAH SWASTA
DOI:
https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i01.1802


Kata Kunci:
Madrasah, Kualitas, Organisasi Siswa Intra Sekolah, Ikatan Pelajar Muhammadiyah, Pelibatan dan PemberdayaanAbstrak
Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi pelibatan dan pemberdayaan dalam kualitas pada IPM di MA Muhammadiyah 1 Malang. Penelitian ini menggunakan paradigma kualitatif dengan metode observasi, wawancara dan dokumen untuk mengetahui implementasi pelibatan dan pemberdayaan dalam kualitas pada lembaga tersebut. Didapatkan bahwa madrasah mengimplementasikan pelibatan dan pemberdayaan dalam kualitas pada organisasi pelajarnya. Proses implementasi dilakukan dengan membentuk budaya organisasi yang baik pada organisasi pelajar melalui empat tahap yaitu (1) menciptakan lingkungan yang mendukung, (2) menentukan target dan mengatasi penghambat, (3) menerapkan dan menggunakan sarana pendukung, (4) menilai, menyesuaikan dan memperbaikinya. Dalam pelaksanaannya, digunakan trial-error-fix sehingga dapat dilakukan evaluasi secara berkelanjutan. Implementasi pelibatan dan pemberdayaan ini dirasa membawa dampak positif pada diri peserta didik dan pada budaya organisasi pelajar tersebut.
Kata Kunci. Madrasah; Kualitas; Organisasi Siswa Intra Sekolah; Ikatan Pelajar Muhammadiyah; Pelibatan dan Pemberdayaan.
Unduhan
Referensi
Bogdan, R.C. & Biklen, S.K. 1982. Qualitative Research: An Introduction to Theory and Methods. Boston: Pearson Education inc.
Bounds, G. 1994. Beyond Total Quality Management. New York: Mc-Graw Hill Book Inc.
Crosby, P. B. 1979. Quality is Free. New York: Mc-Graw Hill Book Inc.
Deming, W. E. 1979. Out of Crisis. Cambridge: MIT.
Fegenbaum, A. V. 1991. Total Quality Control 3 rd Ed. New York: Mc-Graw Hill Book Inc.
Goetsch, D.L. 2014. Quality Management for Organizational Excellence: Introduction to Total Quality. Edinburgh: Pearson.
Hoy, W. K., & Miskel, C. G. 2013. Educational administration: Theory, research, and practice (9th ed.). Boston: McGraw-Hill.
ISO Central Secretariat. 2015. Quality management principles. Switzerland: ISO.
Juran, J. M. 1993. Quality Planning and Analysis 3rd ed. New York: Mc-Graw Hill Book Inc.
Miles, M. B. & Huberman, A. M. 1984. Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. California: SAGE publications Inc.
Mukhopadhyay M. 2005. Total Quality in Education. New Delhi: Sage Publication.
Nasution, M. N. 2005). Manajemen Mutu Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia.
Pfeffer, N. & Coote, A. 1991. Is Quality Good for You? A Critical Review of Quality Assurance in Welfare Services. London: IPPR.
Ross, J. E. 1994. Total Quality Management. London: Kogan Page Ltd.
Sonhadji, A. & Huda, M.A.Y. 2014. Asesmen Kebutuhan, Pegambilan Keputusan, dan Perencanaan. Matarantai dalam Manajemen Pendidikan. Malang:UM Press.
Spradley, J.P. 1979. The Ethnographic Interview. Orlando: Harcourt Brace Jovanovich Inc.
Spradley, J.P. (1980). Participant Observation. Orlando: Harcourt Brace Jovanovich Inc.
Ulfatin, N. 2015. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya (Studi Kasus, Etnografi, Interaksi Simbolik, dan Penelitian Tindakan pada Konteks Manajemen Pendidikan). Malang: Media Nusa Creative Publishing.
Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS)