KESANGGUPAN PEMIMPIN MEMBANGUN RUH AL-JAMA’AH DALAM SISTEM MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i01.1821


Kata Kunci:
System, Leader, Islamic Education ManagementAbstrak
Abstrak. Pemimpin dalam sebuah sistem manajemen pendidikan Islam memiliki peranan yang sangat penting. Pemimpin yang mempunyai jiwa kepempimpinan akan membawa perubahan signifikan pada sebuah organisasi. Dalam Manajemn pendidikan pada umumnya terdapat beberapa tipe kepemimipinan dengan strategi kepeamimpainan yang berbeda pula. Adakalanya harus menempatkan dan menerapkan pada tempatnya. Kemimpinan dalam Islam memberikan gambaran yang sangat detil bagaimana membangun berjiwa kepemimpinan. Bukan saja secara lahiriyah tapi bagaimana membangun ruh al-Jama’ah itu itu dengan baik, sehingga kepemimpinan dalam sistem manajemen pendidikan Islam memiliki pengaruh yang cukup tajam terhadap jama’ah. Jadi pada intinya pondasi awal seorang pemimpin adalah membangun ruh jama’ah terlebih dahulu.
Kata Kunci. Sistem, Pemimpin, Manajemen Pendidikan Islam
Unduhan
Referensi
Ihsana. 2017. Belajar dan Pembelajaran, Konsep dasar: metode dan aplikasi nilai-nilai Spritulitas dalam proses pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Karwati, Euis dan Donni Juni Priansa. 2013. Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah, Membangun sekolah yang bermutu. Bandung: Alfabeta
Mulyasa. 2011. Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Rahman, Abd. Tt. Fiqh Munakahat, Jakarta: Departemen Agama RI
Sutrisno, Edy. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana
Ulfatin, Nurul dan Teguh Triwiyanto. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia bidang Pendidikan. Depok: Raja Grafindo Persada
Usman, Husaini. 2008. ManajemenTeori Praktik &Riset Penddidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Yusuf Qardhawi. 2010. Fiqih Jihad: Sebuah Karya Monumental Trelengkap Tentang JihadMenurut al-Qur’an dan Sunnah. Bandung: Mizan