MANAJEMEN PEMBINAAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA GURU SERTA KEMAMPUAN MENGAJAR GURU DALAM UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SEKOLAH

Penulis

  • Ali Nurdin Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i01.1829
Statistics: Abstrak viewed : 369 times | PDF (English) downloaded : 377 times

Kata Kunci:

manajemen pembinaan, kepala sekolah, motivasi kerja, kemampuan mengajar guru, kompetensi guru

Abstrak

Abstract. This research to analyze teacher professional competencies in schools that are associated with management of school principals, teachers work motivation and ability of teacher in teaching. This research uses quantitative analysis, because wants to get the magnitude of the relationship that has the management of school principals, teachers 'work motivation and teacher's teaching ability to teachers' professional competencies in schools. Research data analyzed using correlation and regression analysis, data collected using questionnaires in the form of instruments relating to the four research variables, the instrument was prepared using a Likert scale. The results of the study it was found that the management of school principals' coaching had a positive and significant relationship to the teacher's professional competence, as well as the teacher's work motivation and the teacher's teaching ability. Increasing the professional competence of teachers will contribute greatly to the implementation of learning activities in schools, teachers who have professional competence will have a high dedication to their duties and responsibilities as an educator, for that special handling is needed in an effort to improve and improve teacher professional competence with provide good management of guidance from the principal, provide and increase motivation in work and provide training and education to improve the ability to teach teachers in schools.

Keywords: coaching management, headmaster, teachers teaching ability, teacher competence

Abstrak. Penelitian bertujuan untuk menganalisis kompetensi profesional guru di sekolah yang dikaitkan dengan manajemen pembinaan kepala sekolah, motivasi kerja guru dan kemampuan mengajar guru. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif,  karena ingin mendapatkan besaran hubungan yang dimiliki manajemen pembinaan kepala sekolah, motivasi kerja guru dan kemampuan mengajar guru terhadap kompetensi profesional guru di sekolah. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis korelasi dan regresi, data dikumpulkan menggunakan angket berupa instrumen yang berkaitan dengan keempat variabel, instrumen menggunakan skala Likert. Hasil penelitian didapatkan bahwa manajemen pembinaan kepala sekolah memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap kompetensi profesional guru, begitu pula dengan motivasi kerja guru dan kemampuan mengajar guru. Peningkatan kompetensi profesional guru akan memberikan kontribusi yang besar pada pelaksanaan kegiatan pembelajaran di sekolah, guru yang memiliki kompetensi profesional akan memiliki dedikasi yang tinggi terhadap tugas dan tanggung jawabnya sebagai  seorang tenaga pendidik, untuk itu diperlukan penanganan khusus dalam upaya perbaikan dan peningkatan kompetensi profesional guru dengan memberikan pengelolaan pembinaan yang baik dari kepala sekolah, memberikan dan meningkatkan motivasi dalam bekerja serta memberikan pelatihan dan pendidikan untuk meningkatkan kemampuan mengajar guru di sekolah.

Kata Kunci: manajemen pembinaan, kepala sekolah, motivasi kerja, kemampuan mengajar guru, kompetensi guru

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Airasian, P and L. R. Gay. 2000. Educational Research: Competencies for Analysis and Application Sixth Edition. New Jersey: Prentice Hall Inc.
Al Jufri, H. 2016. “Pemetaan Sumber Daya Pendidikan Sekolah Dasar di Jakarta Pusat”. Prosiding Kolokium Doktor Dan Seminar Hasil Penelitian Hibah, 1(1), 56-68. Retrieved from http://proceedings.uhamka.ac.id/index.php/psd/article/view/5
Anwar. 2000. Manajemen sumber daya manusia perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Djauzak, Ahmad. 2004. Peningkatan Mutu Pendidikan Sebagai Sarana Pembangunan Bangsa. Jakarta: Balai Pustaka.
Djojonegoro, Wardiman. 1998. Pengembangan sumber daya manusia melalui SMK, Jakarta: Jayakarta Agung Offset.
Fathurrohman, Pupuh & Suryana, Aa. 2012. Guru Profesional. Bandung: PT Refika Aditama
Hamalik, Oemar 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hoyle, E. 1980. Professionalization and deprofessionalization in education, in E. Hoyle &J. Megarry (Eds) World Yearbook of Education 1980, pp. 42-57. London: Kogan Page.
Juhji, Juhji. 2016. “Peran Urgen Guru dalam Pendidikan”. Studia Didaktika, [S.l.], v. 10, n. 01, p. 51-62, June 2016. ISSN 1978-8169. Available at: http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/studiadidaktika/article/view/73
Juhji. Juhji. 2017. Profesi Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Serang: LP2M IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Perguruan Tinggi
Muijs, Daniel. 2010. Doing Quantitative Research in Education with SPSS. 2nd edition. London: SAGE Publications.
Mulyasa, E. 2007. Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2008. Standar kompetensi dan sertifikasi guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Pasaribu, T. 2018. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Profesionalisme Guru Sekolah Dasar Negeri Di Kelurahan Kapuk Kecamatan Cengkareng”. JEBI | Journal of Economics and Business Indonesian, 9(02), 27-44. Retrieved from https://jurnal.stiebi.ac.id/index.php/Jebi/article/view/64
Rivai, Veithzal dan Murni, Sylviana. 2009. Education Management. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Ruky, A. 2006. Sumber Daya Manusia Berkualitas Mengubah Visi Menjadi Realitas. Cetakan Kedua. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Sahertian. 2000. Konsep Dasar Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Alam. Jakarta: Rineka Cipta
Sumaatmadja. 1981. Studi Geografi: Suatu Pendekatan dan Analisa Keruangan. Bandung: Alumni.
Surya, Muhammad. 2003. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Yayasan Bhakti Winaya.
Suyatno, Sumedi dan Riadi. 2009. Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Prenada Media Group
Tim KBBI. 1999. Pembinaan dan Pengembangan Kamus Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Undang-Undang. No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan dosen.
Uno, Hamzah B. 2013. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Usman, Uzer. 2002. Menjadi guru profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya
Wahjosumidjo 2007. Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permaslahannya. Jakarta : PT Raja Grafiindo Persada
Widoyoko, Eko Putro. 2009. “Analisis pengaruh kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa”. Jurnal Pendidikan Umpwr. 1-16

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-06-27

Cara Mengutip

Nurdin, A. (2019). MANAJEMEN PEMBINAAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA GURU SERTA KEMAMPUAN MENGAJAR GURU DALAM UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SEKOLAH. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(01), 49–62. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i01.1829

Terbitan

Bagian

Original Research Article