PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM MENGENAI FITRAH MANUSIA

Penulis

  • Lukis Alam STTNAS Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32678/tarbawi.v1i02.2002
Statistics: Abstrak viewed : 584 times | PDF downloaded : 1221 times

Kata Kunci:

Pendidikan Islam, Manusia, Potensi, Proses, Nilai

Abstrak

Manusia dengan potensi yang dimiliki sanggup merealisasikan apa yang mereka inginkan. Proses pengembangan kapasitas manusia melalui pendidikan tidak akan menjamin pembentukan karakter dan bakat untuk menjadi orang baik sesuai dengan kehendak Penciptanya. Oleh karena itu pendidikan Islam senantiasa mewarnai segala potensi yang dimiliki manusia berkaitan dengan fitrah yang sudah diciptakan Allah SWT, tentunya hal itu untuk memahami identitas manusia. Sehingga pendidikan harus menempati posisi sentral, karena manusia dipandang sebagai subjek, ia juga sebagai objek pendidikan itu sendiri. Dalam kajian ini penulis melihat keterkaitan antara 'fitrah'dengan pendidikan Islam, bahwa Islam memberikan suatu gambaran yang jelas manusia memiliki potensipotensi yang harus diarahkan, maka jika potensi-potensi yang sudah ada tadi tidak diarahkan maka manusia akan kehilangan 'nilai' sebagai manusia. Kajian ini lebih kepada narasi-deskriptif yang dapat dijadikan sebagai referensi dalam memahami aspek fitrah yang berkaitan dengan pendidikan Islam.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Lukis Alam, STTNAS Yogyakarta

  1. Dosen Pendidikan Agama Islam STTNAS Yogyakarta
  2. Mahasiswa Program Doktor Kependidikan Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2015-12-12

Cara Mengutip

Alam, L. (2015). PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM MENGENAI FITRAH MANUSIA. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 1(02), 41–52. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v1i02.2002

Terbitan

Bagian

Original Research Article