Manajemen Program Pendidikan Leadership untuk Siswa di Sekolah Alam Banyubelik Kedungbanteng Banyumas
DOI:
https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.2096


Kata Kunci:
Management, Programs, Leadership EducationAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen program pendidikan leadership untuk siswa di Sekolah Alam Banyubelik Kedungbanteng Banyumas. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Manajemen Program Pendidikaan Leadership untuk Siswa di Sekolah Alam Banyu Belik sudah dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan tercapainya visi, misi dan tujuan sekolah yaitu mencetak generasi ahlusunnah wal jama’ah yang siap menjadi pemimpin berakhlak karimah dan bernalar ilmiah serta memiliki kecakapan hidup dalam bidang kepemimpinan dan teknologi dengan menjalankan fungsi manajemen meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Sehingga, terciptanya lembaga pendidikan yang dapat digerakkan sebagai satu kesatuan yang utuh dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Unduhan
Referensi
Ariokunto, S., & Jabar, A. C. S. (2004). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis bagi Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasibuan, A., Syah, D., & Marzuki, M. (2018). Manajemen Pendidikan Karakter di SMA. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(02), 191-212.
Khardi, S., Syukri, A., & Us, K. (2019). Kesanggupan Pemimpin Membangun Ruh al-Jama'ah dalam Sistem Manajemen Pendidikan Islam. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(01), 75-86.
Mulyasana, D. (2012). Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Musolin, M., & Adz-Dzarâi’, S. (2019). Konsep dan Aplikasi Manajemen Pendidikan Islam. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 71–84.
Rodliyah, S. (2019). Leadership Pesantren: Urgensi Pendidikan dalam Menyiapkan Pemimpin Bangsa Berkualitas dan Bermoral. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 169–182.
Rohman, F. A., & Muna, N. (2019). Kepemimpinan Demokratis Kepala Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 269–288.
Setyaningsih, K. (2019). Democratic Leadership: Upaya Kepala Sekolah dalam Membangun Kualitas Peserta Didik di Sekolah Dasar (SD) Tunas Teladan Palembang. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 1–18.
Siswadi, & Novan, A. W. (2018). Manajemen Program Kegiatan PAUD Berbasis Otak Kanan. 3, 99.
Suryosubroto, B. (2004). Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Tambunan, F. (2014). Membangun Karakter Kepemimpinan. Academia, 1 No. 2, 1.
Wasehudin, W. (2018). Kepemimpinan Profetik Dalam Perspektif Manajemen Pendidikan Islam. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(02), 227-236.
Wiyani, N. A. (2013a). Pendidikan Agama Islam: Berbasis Pendidikan Karakter,. Bandung: Alfabeta.
Wiyani, N. A. (2013b). Penerapan TQM dalam Pendidikan Akhlak. XXVIII No. 2, 225.
Wiyani, N. A. (2014). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.
Wiyani, N. A. (2015a). Manajemen PAUD Bermutu: Konsep dan Praktik MMT di KB, TK/RA. Yogyakarta: Gava Media.
Wiyani, N. A. (2015b). Manajemen PAUD Bermutu: Konsep dan Praktik MMT di KB, TK/RA. Yogyakarta: Gava Media.
Wiyani, N. A. (2017). Perencanaan Strategik Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di TK Islam Al- Irsyad Purwokerto. 3 No. 2, 111.
Wiyani, N. A. (2018). Pendidikan Karakter Anak: Konsep dan Implementasinya di SD dan MI. Purwokerto: STAIN Press.
Wiyani, N. A. (n.d.). Save Our Children From School Bullying. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.