Development of an Islamic Education Management Philosophy e-Module through the Canva Application
DOI:
https://doi.org/10.32678/tarbawi.v9i01.7963


Kata Kunci:
Pengembangan E-Modul, Filsafat Manajemen Pendidikan Islam, canva Design, ADDIEAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk membuat e-modul perkuliahan Filsafat Manajemen Pendidikan Islam dengan menggunakan tools Canva Design, yang akan dilengkapi dengan deskripsi materi, video, dan kegiatan untuk setiap sub bab materi. Proses penelitian dan pengembangan model ADDIE diterapkan. Responden adalah 67 orang mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam UIN Ar-Raniry tahun ajaran 2020/2021. Analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi adalah lima tahapan penelitian. Hasil validasi produk dari kedua validator diperoleh skor rata-rata 77,50% dalam kategori layak dan skor tinggi dengan persentase berkisar antara 86,19% hingga 92,53% pada tahap implementasi, menunjukkan bahwa e-modul Filsafat Manajemen Pendidikan Islam sangat layak digunakan dan sangat membantu mahasiswa dalam perkuliahan filsafat manajemen pendidikan Islam. Umpan balik pengguna adalah bahwa e-modul siswa ini mudah digunakan dan bermanfaat di kelas Filsafat Manajemen Pendidikan Islam. Berdasarkan komentar siswa, dapat disimpulkan bahwa e-modul filosofi manajemen pendidikan Islam adalah e-modul yang sangat baik untuk dimanfaatkan sebagai sumber belajar yang sangat cocok dalam periode pembelajaran mandiri saat ini dan masa depan.
Unduhan
Referensi
Arikunto, S. 2010. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Cahyaningrum, D., & Jaenudin, A. (2021). The relevance of e-module based on problem-based learning in the era of the industrial revolution 4.0. Proceedings of the International Conference on Strategic Issues of Economics, Business and, Education (ICoSIEBE 2020), 163(ICoSIEBE 2020), 34–39. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.210220.007
Dewi, Y. N., Masril, M., Naf’an, E., Hendrik, B., Veri, J., Munawwaroh, K., Silfia, E., & Widyatama, A. (2019). The development of e-module english specific purpose based on computer application for vocational high school students. Journal of Physics: Conference Series, 1364(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1364/1/012043
Elyas, A. H. (2018). Penggunaan model pembelajaran e-learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Warta Dharmawangsa, April. https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/juwarta/article/view/4
Fauzi, A. (2019). Filsafat manajemen pendidikan Islam (mengurangi benang kusut pengelolaan pendidikan islam dari pendekatan filosofis menuju praktis) (Ibnul Arob). Putaka Pelajar.
Hemalatha, K. (2013). Development of e-learning module through ADDIE model. Shanlax: International Journal of Education, 1(8), 55–58.
Irawan. (2019). Filsafat manajemen pendidikan Islam. PT Remaja Rosdakarya.
Juhji, J., Jannah, M., & Saefurohman, A. (2022). Development of holistic-based science learning videos: an effort to improve affective skills of madrasah ibtidaiyah students. Jurnal tarbiyah, 29(2), 325-339. http://dx.doi.org/10.30829/tar.v29i2.1847
Junaedi, S. (2021). Aplikasi canva sebagai media pembelajaran daring untuk meningkatkan kemampuan kreatifitas mahasiswa pada mata kuliah english for information communication and technology. Bangun Rekaprima, 7(2), 80–89. https://jurnal.polines.ac.id/index.php/bangun_rekaprima/article/view/3000/107647
Lembaga Administrasi Negara. 2015. Akuntabilitas. Modul Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan Golongan III.
Mahardika, A. I., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan media pembelajaran menarik menggunakan canva untuk optimalisasi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(3), 275–281. https://doi.org/10.29303/jppm.v4i3.2817
Meke, K. D. P., Astro, R. B., & Daud, M. H. (2021). Dampak kebijakan merdeka belajar kampus merdeka (mbkm) pada perguruan tinggi swasta di Indonesia. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 675–685. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1940
Maison, A., Kurniawan, D. A., Perdana, R., & Anggraini, L. (2019). The phenomenon of physiology senior high school education: Relationship of students’ attitudes towards physics, learning style, motivation. Universal Journal of Educational Research, 7(10), 2199-2207.
Munir. (2010). Kurikulum berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Nasrulloh, S. F., & Sutisna, A. (2022). Pengembangan learning management system perguruan tinggi berdasarkan Permendikbud no. 3 tahun 2020. Nuansa Informatika, 16(1), 59-65. https://doi.org/10.25134/nuansa.v16i1.4991
Nurmayuli, N. (2022). The management of facilities and infrastructures in educational institution. Idarah (Jurnal Pendidikan dan Kependidikan), 6(1), 87-102. https://doi.org/10.47766/idarah.v6i1.92
Nurmayuli, N. (2021). Filsafat manajemen pendididkan islam sebagai ilmu. Jurnal Al Mabhats, 6(1), 35-49. https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/al-mabhats/article/view/1185
Perdana, R., Subiyantoro, C., & Anggraini, L. (2019). Sikap dan motivasi pada pembelajaran fisika. Spektra: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 5(2), 178–188.
Prasetyo, M. A. M. (2018). Desain kurikulum IAIN Lhokseumawe (Studi analisis mata kuliah: filsafat manajemen jurusan manajemen pendidikan Islam). Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan). Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 2(2), 1–17. https://doi.org/10.47766/idarah.v2i2.270
Puspita, K., Nazar, M., Hanum, L., & Reza, M. (2021). Pengembangan E-modul praktikum kimia dasar menggunakan aplikasi canva design. Jurnal Ipa & Pembelajaran Ipa, 5(2), 151-161. https://doi.org/10.24815/jipi.v5i2.20334
Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327. https://doi.org/10.23887/jjpe.v12i2.30179
Rai Utama, I G. B, 2021, Filsafat ilmu dan logika manajemen dan parawisata, Yogyakarta: Deepublish.
Rusyan, T. (2012). Seri peningkatan mutu pendidikan: profesionalisme kepala sekolah. Jakarta: PT Pustaka Dinamika.
Rosyida, A. S., Rahayu, T., & Rahayu, S. (2022). The interactive e-module physical fitness in physical education learning for student XI grade of senior high school. Journal of Physical Education and Sports, 11(1), 101-113. https://doi.org/10.15294/jpes.v11i1.56943
Septiningsih, A. (2020). Pengembangan e-modul dengan menggunakan media canva dan kalkulator casio classwiz pada materi fungsi naik dan fungsi turun. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Septiyani, R. D., Aslami, I. F., & Surani, D. (2022). Developing ESP E-module course design based on canva for law students. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 8(02), 174–180. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v8i02.6706
Sofyan, H., Anggereini, E., & Saadiah, J. (2019). Development of e-modules based on local wisdom in central learning model at kindergartens in Jambi City. European Journal of Educational Research, 8(4), 1137–1143. https://doi.org/10.12973/eu-jer.8.4.1139
Suharsimi, A. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Rineka Putra.
Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2), 79. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261
Tukiran, Martunis. (2020). Filsafat manajemen pendidikan. Yogyakarta: PT Kanisius
Ulfatin, Nurul. (2016). Manajemen sumber daya manusia bidang pendidikan, Jakarta: Rajawali Press.
Wilujeng, I. W., Aji, S. D., & Yasa, A. D. (2021). Pengembangan e modul berbasis canva digital tentang manfaat hewan bagi manusia siswa kelas 3 sekolah dasar Universitas PGRI Kanjuruhan Malang. Seminar Nasional PGSD Unikama, 5(November), 261–270. https://conference.unikama.ac.id/artikel
Yusuf, Burhanuddin (2015). Manajemen sumber daya manusia di lembaga keuangan syariah, Jakarta: Rajawali Pres.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Nurmayuli Nurmayuli

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.