Merancang Strategi Pembelajaran Agama Islam di SMP Negeri: Studi Kasus

Penulis

  • Ihsan Zikri Ulfiandi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Nanang Qosim Al Masquri Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia
  • Nur Khulailatul Hurriyah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Mulya Putra Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Hasimi Jafar Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32678/tarbawi.v9i01.8159
Statistics: Abstrak viewed : 294 times | PDF (English) downloaded : 240 times

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menyusun strategi pembelajaran dan mengidentifikasi kesulitan guru yang lebih mampu dalam menguasai strategi dan pendekatan pembelajaran. Metodologi deskriptif kualitatif digunakan dalam penyelidikan. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, analisis data berbentuk kata-kata yang disusun secara metodis, faktual, dan tepat mengenai fakta, sifat, dan hubungan fenomena yang diteliti. Hasil temuan menunjukkan bahwa guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 7 Sungai Penuh mempertimbangkan memilih strategi pembelajaran yang tepat, memilih media dan alat pembelajaran, membuat alat evaluasi pengajaran, menggunakan metode dan media, mengelola kelas, mendekati siswa, mengajar sarana dan prasarana pendukung, serta lingkungan belajar yang kondusif dalam merancang strategi pembelajaran. Meskipun beberapa guru besar Pendidikan Agama Islam kurang mampu menguasai berbagai taktik dan pendekatan pembelajaran, siswa membutuhkan bantuan untuk memahami konten yang ditawarkan. Sebelum proses pembelajaran dimulai, guru pendidikan agama Islam telah membuat desain rencana pembelajaran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amiria, A. (2019). Pengaruh strategi pembelajaran ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas X MAN 1 Bandar Lampung (Thesis, UIN Raden Intan Lampung).
Aniah, S. (2022). Desain strategi pembelajaran aktif berbasis transdisiplin pada mata pelajaran PAI. Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia and Society Availabel, 1(1), 412–423.
As’ad, M. (2015). Tajdīd al-tarbīyah al-islāmīyah ‘inda al-shaykh al-ḥājj imam zarkasyi. Studia Islamika, 22(2), 333–368. https://doi.org/10.15408/sdi.v22i2.1922.
Astuty, W., & Suharto, A. W. B. (2021). Desain perencanaan pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam daring dengan kurikulum darurat. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(1), 81. https://doi.org/10.36667/jppi.v9i1.624.
Darmiah, D. (2019). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Lanjutan Menengah Atas dan Pengaruhnya Terhadap Pembangunan Karakter. Pionir Jurnal Pendidikan, 53(9), 1689–1699.
Rusmianing Fatharani, & Retno Triwoelandari. (2020). Efektifitas pembelajaran pendidikan agama islam berbasis multimedia dalam meningkatkan kreativitas siswa SMP Negeri 14 Kota Bogor . Journal Fascho in Education Conference-Proceedings, 1(1). Retrieved from https://journal.stkipm-bogor.ac.id/index.php/Proceedings/article/view/100
Hidayatullah, H., & Kheryadi, K. (2020). A design of environmental education for secondary school teachers. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 6(01), 81–90. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v6i01.2512.
Huda, N., Mardiana, N., & Imayah, I. (2020). Strategi pembelajaran bagi guru di lembaga pendidikan Islam Anak Sholeh Pepelegi, Sidoarjo. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 111. https://doi.org/10.35914/tomaega.v3i2.407.
Hur, Y., Yeo, S., & Lee, K. (2022). Medical students’ self-evaluation of character, and method of character education. BMC Medical Education, 22(1), 1–11. https://doi.org/10.1186/s12909-022-03342-6.
Ifadah, L., & Utomo, S. T. (2019). Strategi pembelajaran pendidikan agama islam dalam menghadapi tantangan era revolusi industri 4.0. Jurnal Al-Ghazali, 2(2), 52. https://doi.org/10.54396/saliha.v2i2.28.
Jauhari, M. T. (2020). Desain pengembangan pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah dan madrasah. Islamika, 2(2), 328–341. https://doi.org/10.36088/islamika.v2i2.855.
Julaeha, S., Maky, M., & Ruswandi, U. (2022). Desain, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran pada sekolah menengah. Jurnal Dirosah Islamiyah, 4(2), 232–254. https://doi.org/10.47467/jdi.v4i2.909.
Junaidah, J. (2015). Strategi pembelajaran dalam perspektif Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 118-133. https://doi.org/10.24042/atjpi.v6i1.1488
Khasanah, R. R. N. B., & Widodo, H. (2019). Pengembangan kurikulum pendidikan agama islam model kurikulum 2013 di SD Muhammadiyah Yogyakarta. Muaddib: Studi Kependidikan Dan Keislaman, 1(1), 64–76. https://doi.org/10.24269/muaddib.v1i1.1450.
Maarif, M. A., Wardi, M., & Amartika, S. (2020). The implementation strategy of religious culture in madrasah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 6(02), 163. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v6i02.2962.
Mahmudi, M. (2019). Pendidikan agama Islam dan pendidikan islam tinjauan epistemologi, isi, dan materi. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 89. https://doi.org/10.30659/jpai.2.1.89-105.
Majid, A. (2014). Belajar dan pembelajaran: pendidikan agama Islam. PT Remaja Rosdakarya.
Mansir, F., & Purnomo, H. (2020). Islamic education learning strategies based on multiple intelligences in Islamic school. Psikis : Jurnal Psikologi Islami, 6(1), 48–57. https://doi.org/10.19109/psikis.v6i1.4011.
Mumtahanah, N., & Suyuthi, A. (2021). Pendidikan islam dan spirit antikorupsi; analisis desain pembelajaran PAI berwawasan antikorupsi di sekolah. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 4(2), 197–213. https://doi.org/10.33367/ijies.v4i2.2001.
Razak, S. A., & Rivauzi, A. (2023). Efektivitas pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK N 10 Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 896-904. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/5370
Rohayati, D. (2018). Analisis strategi pembelajaran bahasa dalam pembelajaran bahasa inggris sebagai bahasa asing. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 1(3), 269. https://doi.org/10.25157/ma.v1i3.47.
Royhatudin, A., Supardi, S., & Juhji, J. (2020). Transformational leadership style in implementing madrasa based management. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 6(01), 69–80. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v6i01.2187.
Setiadi, K., Djafri, N., Nawai, F. A., Lamatenggo, N., Panai, A. H., & Ngiu, Z. (2022). Survei desain pembelajaran pendidikan agama Islam pada sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 5(1), 18. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v5i1.1639.
Siregar, M., Siahaan, A., & Rafida, T. (2021). The head of madrasah’s strategy in developing a culture of love reading the quran. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 483-496. https://doi.org/10.31538/ndh.v6i2.1675
Soekardjo, M., & Sugiyanta, L. (2018). Analisis strategi pembelajaran matematika kurkulum 2013 dalam rangka meningkatkan nilai PISA matematika. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 42–64. https://doi.org/10.21009/jkkp.051.05.
Suyono, H. (2011). belajar dan pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya.
Hartono, T., & Saputro, D. (2019). Pengembangan desain pembelajaran PAI di Pondok Pesantren Kreatif Agro Nuur El-Falah Salatiga. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 290-309. https://doi.org/10.31538/nzh.v2i2.331
Tuljannah, N., Halima, H., & Arfin, A. (2022). Efektivitas penerapan kompetensi manajerial kepala sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran (JPP), 1(3), 129–138. https://doi.org/10.51454/jpp.v1i3.60.
Zainab, K. S. (2020). Desain program pembelajaran perspektif keberagamaan peserta didik sekolah menengah atas. Attractive : Innovative Education Journal, 2(2), 141. https://doi.org/10.51278/aj.v2i2.49.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-05-15

Cara Mengutip

Ulfiandi, I. Z. ., Al Masquri, N. Q. ., Hurriyah, N. K. ., Putra, M. ., & Jafar, H. . (2023). Merancang Strategi Pembelajaran Agama Islam di SMP Negeri: Studi Kasus. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 9(01), 123–132. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v9i01.8159

Terbitan

Bagian

Original Research Article