Manajemen Sarana Prasarana Dalam Meningkatkan Efektivitas Operasional Sekolah Dan Media Pembelajaran Siswa di SMAN 1 Rogojampi Banyuwangi
DOI:
https://doi.org/10.32678/tarbawi.v10i01.9912


Kata Kunci:
Manajemen Sarana Prasarana, Operasional Sekolah, Media PembelajaranAbstrak
Manajemen Sarana dan Prasarana merupakan suatu kegiatan pengelolaan dalam rangka untuk mempersiapkan seluruh peralatan untuk belajar guna berjalan dengan lancar proses pembelajaran disekolah. Pengelolaan ini dilakukan oleh SMAN 1 Rogojampi Banyuwangi dengan tujuan untuk menunjang keberhasilan dalam kegiatan pembelajaran dikelas. Maka dari itu harus ada yang bertanggung jawab terhadap pengelolaan sarana dan prasarana. Dengan mengelola sarana dan prasarana sekolah, kepala sekolah dapat merencanakan dan menetapkan sarana dan prasarana apa saja yang sebaiknya digunakan di sekolah. Jika seluruh langkah pengelolaan berjalan sesuai harapan, hal ini akan berdampak positif kepada siswa dalam proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Sehingga dalam penyelenggaraan sarana dan prasarana di SMAN 1 Rogojampi Banyuwangi dapat memberikan pelayanan yang baik kepada siswa dan dapat meningkatkan efektivitas operasional sekolah. Metode dan jenis penelitian yang diterapkan dalam artikel ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pendekatan kualitatif ini bertujuan untuk mendalami dan menjelaskan fenomena secara rinci dengan mengumpulkan data secara komprehensif dan mendalam.
Unduhan
Referensi
Akram, H., Abdelrady, A. H., Al-Adwan, A. S., & Ramzan, M. (2022). Teachers’ perceptions of technology integration in teaching-learning practices: A systematic review. Frontiers in psychology, 13, 920317. https://www.doi.org/10.3389/fpsyg.2022.920317
Anastasi, C. (2018). Strategic stakeholder engagement. Routledge.
Chatterton, P., & Goddard, J. (2000). The response of higher education institutions to regional needs. European Journal of Education, 35(4), 475-496. https://www.jstor.org/stable/1503633
Crosnoe, R., Pivnick, L., & Benner, A. D. (2018). The social contexts of high schools. Handbook of the sociology of education in the 21st century, 317-335. https://www.doi.org/10.1007/978-3-319-76694-2_14
Ellong, T. A. (2018). Manajemen sarana dan prasarana di lembaga pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Iqra', 11(1). http://dx.doi.org/10.30984/jii.v11i1.574
Endrawan, I. B., & Aliriad, H. (2023). Contribution of the learning model as a provision for the introduction of the school field (plp) to optimize the learning process. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 7(2), 334-342. https://www.doi.org/10.33369/jk.v7i2.24714
Fauzi, M. I. F. (2020). Manajemen sarana dan prasarana pendidikan. Al-Rabwah, 14(02), 90-115. https://doi.org/10.55799/jalr.v14i02.46
Hartoni, H. (2018). Impelementasi manajemen sarana dan prasarana di sekolah menengah kejuruan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 8(1), 178-185. http://dx.doi.org/10.24042/alidarah.v8i1.3088
Hasanah, R. (2020). Pengaruh manajemen sarana dan prasarana terhadap kegiatan belajar mengajar di TK Al-Fadlillah Maguwoharjo Yogyakarta. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(3), 115-122. https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-03
Hasnadi, H. (2021). Manajemen sarana dan prasarana pendidikan. Bidayah: Studi Ilmu-Ilmu Keislaman, 153-164. https://doi.org/10.47498/bidayah.v12i2.728
Herawati, S., Arafat, Y., & Puspita, Y. (2020). Manajemen pemanfaatan sarana dan prasarana pembelajaran. Attractive: Innovative Education Journal, 2(3), 21-28.
Hill, C. W., & McShane, S. L. (2008). Principles of management (pp. 404-20). New York: McGraw-Hill/Irwin.
Ilmi, I., Erihadiana, M., & Wanayati, S. (2023). Facilities and infrastructure management. Edutec: Journal of Education and Technology, 6(3), 626-642. https://doi.org/10.29062/edu.v6i3.475
Ismail, F., Pawero, A. M. D., & Bempah, A. (2021). Probelmatika manajemen sarana dan prasarana di madrasah swasta. Journal of Islamic Education Leadership, 1(2), 108-124. https://doi.org/10.30984/jmpi.v1i2.155
Isnaini, N., Yahya, F., & Sabri, M. (2021). Peran manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan di MI NW 1 Kembang Kerang. Jurnal Manajemen Dan Budaya, 1(1), 1-10. https://doi.org/10.51700/manajemen.v1i1.76
Isrokatun, I., & Yulifar, L. (2020). Education access coverage of state junior high schools as the impact of zoning policy in Indonesia. Edutec: Journal of Education and Technology, 4(2), 246-264. https://www.doi.org/10.29062/edu.v4i2.105
Karim, A. (2023). Manajemen sumber daya manusia. CV. Media Manifestasi Intelektual.
Kenny, J. (2002). Managing innovation in educational institutions. Australasian Journal of Educational Technology, 18(3), 359-376. https://www.doi.org/10.14742/ajet.1765
Kushendar, D. H., & Lesmana, D. (2023). Pengaruh manajemen sarana dan prasarana terhadap kegiatan belajar mengajar di Sekolah Menengah Pertama Negeri 56 Kota Bandung. Jurnal Niara, 16(2), 251-257. https://doi.org/10.31849/niara.v16i2.15924
Langoday, T. O., Wahyuningrum, C., & Lay, A. S. Y. (2023). Teori pengambilan keputusan bisnis: Pengantar untuk calon manajer hebat di era global. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Manurung, R., Harahap, E., Tahrun, T., & Suharyadi, A. (2020). Manajemen sarana prasarana di Sekolah Dasar Negeri 1 Kota Prabumulih. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan, 2(2), 168-177. https://doi.org/10.21831/jump.v2i2.33747
Manuturi, V., Asterina, N., & Utama, F. G. (2022). What do the students want? Reflections from a participatory approach to creating safe and inclusive school zones in Banjarmasin, Indonesia. The Journal of Public Space, 7(2), 223-234. https://doi.org/10.32891/jps.v7i2.1494
Maulana, R., André, S., Helms-Lorenz, M., Ko, J., Chun, S., Shahzad, A., ... & Fadhilah, N. (2021). Observed teaching behaviour in secondary education across six countries: Measurement invariance and indication of cross-national variations. School Effectiveness and School Improvement, 32(1), 64-95. https://www.doi.org/10.1080/09243453.2020.1777170
Muhamad, D., Sujiarto, H., & Rosa, A. T. R. (2021). Manajemen revitalisasi sarana dan prasarana pendidikan dalam upaya meningkatkan efektivitas pembelajaran produktif di SMKN 13 Bandung. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(7), 668-672. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i7.330
Murоdova, Z. R. (2020). The formation and definition of the intellectual potential in education. Theoretical & Applied Science, (2), 113-116. https://www.doi.org/10.15863/tas.2020.02.82.20
Nafis, H., & Muchtar, B. (2020, March). The influence of parents’ income, infrastructure and facilities, creativity of learning, and learning motivation toward learning achievement. In 4th Padang International Conference on Education, Economics, Business and Accounting (PICEEBA-2 2019) (pp. 455-459). Atlantis Press.
Nasrudin, N., & Maryadi, M. (2019). Manajemen sarana dan prasarana pendidikan dalam pembelajaran di SD. Manajemen Pendidikan, 13(2), 15–23. https://doi.org/10.23917/jmp.v13i2.6363
Nurstalis, N., Ibrahim, T., & Abdurrohim, N. (2021). Peran manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMP Islam Cendekia Cianjur. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 6(1), 63–76. https://doi.org/10.15575/isema.v6i1.6579
Özbek, T., Wekerle, C., & Kollar, I. (2023). Fostering pre-service teachers’ technology acceptance–does the type of engagement with tool-related information matter?. Education and Information Technologies, 1-23. https://doi.org/10.1007/s10639-023-12047-2
Rahmayani, R. (2020). Manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan produktivitas di sekolah dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(2), 240-251. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i2.1978
Roos Akbar, M. A. C., & Maula, F. K. (2018). Identification of the effectiveness of clustering (rayonisasi) system in an effort to evenly distribute accessibility towards high school education facilities in Bandung City. Journal of Regional and City Planning, 29(1), 32-44. https://www.doi.org/10.5614/jrcp.2018.29.1.3
Sa’adah, T. U., Demina, D., Febrian, V. R., & Amra, A. (2022). Pengelolaan sarana dan prasarana dalam pembelajaran di SLB Negeri 1 Lima Kaum. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 59-68. http://dx.doi.org/10.31958/manapi.v1i2.7868
Saborío, J. C., & Hertzberg, J. (2020, August). Efficient planning under uncertainty with incremental refinement. In Uncertainty in Artificial Intelligence (pp. 303-312). PMLR. https://proceedings.mlr.press/v115/saborio20a.html
Saputra, A. L. G., & Sriyanto, A. (2021). Teori manajemen sarana prasarana. Journal J-Mpi: Jurnal Manajemen Pendidikan, Penelitian Dan Kajian Keislaman, 1(1), 1-8. https://www.ejournal.stitmuhngawi.ac.id/index.php/j-mpi/article/view/7
Sawitri, E., Astiti, M. S., & Fitriani, Y. (2019, July). Hambatan dan tantangan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.
Setiawan, A., Martono, T., & Gunarhadi, G. (2018). The analysis of learning infrastructure (li), learning motivation (lm) and economics learning achievement (ela). Journal of Education and Learning (EduLearn), 12(2), 236-243. https://doi.org/10.11591/edulearn.v12i2.8124
Shirrell, M., Hopkins, M., & Spillane, J. P. (2019). Educational infrastructure, professional learning, and changes in teachers’ instructional practices and beliefs. Professional development in education, 45(4), 599-613. https://doi.org/10.1080/19415257.2018.1452784
Shmis, T., Ustinova, M., & Chugunov, D. (2019). Learning environments and learning achievement in the Russian Federation: How school infrastructure and climate affect student success. World Bank Publications.
Sholihah, N. K. (2019, December). Management of education facilities and infrastructure. In 3rd International Conference on Education Innovation (ICEI 2019) (pp. 183-186). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/icei-19.2019.24
Sinta, I. M. (2019). Manajemen sarana dan prasarana. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 4(1), 77-92. https://doi.org/10.15575/isema.v4i1.5645
Stott, A., & Hobden, P. A. (2016). Effective learning: A case study of the learning strategies used by a gifted high achiever in learning science. Gifted Child Quarterly, 60(1), 63-74. https://www.doi.org/10.1177/0016986215611961
Triwardhani, I. J., Trigartanti, W., Rachmawati, I., & Putra, R. P. (2020). Strategi guru dalam membangun komunikasi dengan orang tua siswa di sekolah. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 99-113. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23620
Vettori, G., Vezzani, C., Bigozzi, L., & Pinto, G. (2020). Upper secondary school students’ conceptions of learning, learning strategies, and academic achievement. The journal of educational research, 113(6), 475-485. https://www.doi.org/10.1080/00220671.2020.1861583
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Baraz Yoechva Alfaiz, Dadang Ahmad Sujatnika, Adang Sutarman

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.