Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Teks Bahasa Arab melalui Media Video Animasi Youtube di Kelas X MIPA MAN 2 Kabupaten Ogan Komering Ilir
DOI:
https://doi.org/10.32678/tpej.v1i01.11921


Keywords:
Bahasa Arab, Peserta Didik, PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan membaca teks Bahasa Arab melalui media video animasi youtube pada mata pelajaran Bahasa Arab di kelas X MIPA Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Ogan Komering Ilir. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan pada siswa kelas IV B MIN 10 Bandar Lampung yang berjumlah 20 siswa pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2023/2024. Berbahasa merupakan salah satu kebutuhan manusia dan terdapat beberapa keterampilan yang semuanya saling berhubungan yaitu menyimak, membaca, membaca, dan menulis termasuk dalam Bahasa Arab. Bahasa Arab diakui sebagai bahasa agama untuk itu bahasa Arab diajarkan mulai kelas satu Ibtidaiyah hingga tingkat tertentu di Lembaga Perguruan Tinggi Islam. Hasil penelitian Hasil pembelajaran siklus I ini belum menunjukkan hasil yang memuaskan, karena nilai tes formatif dari siklus I sebagian peserta didik ada yang belum mencapai ketuntasan belajar dikarenakan berbagai faktor yang menjadi penghambat. Dalam observasi pada siklus II, peneliti dapat menyimpulkan bahwa adanya peningkatan pada aspek keaktifan peserta didik. Walaupun masih ada beberapa kekurangan dalam proses pembelajaran.
Downloads
References
Ali Muhammad Al-Alkhuli. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Lampung: IAIN Raden Intan, 1993.
Kamil Mahmud Al-Naqah. Ususuh Madakhiluh-Thuruq. Mekkah: Mekkah, 1985.
Sugono Dendy. Kamus Besar Bahasa, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2008
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Bunga Dwimlah Guswanna, Ahmad Faroji

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.