Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Analisis Dampak Inflasi dan Penguatan Empati Sosio-Ekonomi Siswa MAN 1 Kota Serang

Authors

  • Iin Indiyati MAN 1 Kota Serang
  • Efwan Mursid MAN 1 Kota Serang
Statistics: Abstract viewed : 1 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 1 times

Keywords:

Strategi Jigsaw, Inflasi, Kolaborasi, Empati Sosio-Ekonomi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi strategi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam menganalisis dampak inflasi terhadap berbagai profesi serta menilai pengaruhnya terhadap peningkatan kolaborasi dan empati sosio-ekonomi siswa kelas XII MAN 1 Kota Serang. Latar belakang penelitian ini berangkat dari rendahnya kemampuan siswa dalam memahami keterkaitan antara konsep ekonomi makro, khususnya inflasi, dengan realitas sosial yang mereka hadapi sehari-hari. Selain itu, pembelajaran ekonomi di sekolah sering kali terfokus pada aspek kognitif tanpa menumbuhkan kepedulian sosial dan kolaboratif antar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain classroom action research (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII MAN 1 Kota Serang sebanyak 36 orang. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi Jigsaw secara signifikan meningkatkan kemampuan siswa dalam menganalisis dampak inflasi terhadap berbagai profesi. Selain itu, terjadi peningkatan yang nyata dalam sikap kolaboratif dan empati sosial-ekonomi antar siswa. Strategi Jigsaw mampu menciptakan suasana pembelajaran yang partisipatif, reflektif, dan kontekstual dengan kehidupan sosial ekonomi masyarakat. Dengan demikian, model Jigsaw direkomendasikan sebagai strategi efektif dalam pembelajaran ekonomi yang berorientasi pada penguatan karakter kolaboratif dan empatik siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, J. S., Dharmayanti, P. A., Nurhidayah, V. A., Lubis, S. I. S., Saputra, R., Sandy, W., ... & Yuliastuti, C. (2023). Model & metode pembelajaran inovatif: Teori dan panduan praktis. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Alifni, A., Umiyanti, P. K., & Ramdani, C. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Tentang Perpindahan Kalor Dengan Penerapan Model Discovery Learning Untuk Peserta Didik Kelas V Sd Negeri Jombang 01. Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 5(2), 134-138.

Arif, A. M. (2021). MODEL PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI BERWAWASAN MITIGASI BENCANA ALAM BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA SMP DI KOTA PALU.

Barokah, S. H., Nuraeni, E., & Ramdani, C. (2025). Evaluasi dan Pengembangan Kurikulum Tematik untuk Optimalisasi Pembelajaran AUD di PAUD Al-Ghazali Pabuaran Subang. Banun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 43-47.

Bastari, E. (2019). Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 1 Sukabumi Indah Bandar Lampung tahun 2018/2019 (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Hamdani, R. S., Fanani, A. F., & Wahyudi, R. (2025). PERAN NILAI BUDAYA ORGANISASI DALAM MENCIPTAKAN IKLIM SEKOLAH POSITIF. Intihadh: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 1-10.

Harefa, D., Sarumaha, M., Fau, A., Telaumbanua, T., Hulu, F., Telambanua, K., ... & Ndraha, L. D. M. (2022). Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan pemahaman konsep belajar siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 325-332.

Kusumawati, A., Abshor, F. U., Sari, P. R., Arisandi, A., Putri, C., & Hapsari, N. T. (2025). Transformasi Pendidikan Ekonomi: Literasi Keuangan, Kewirausahaan, dan Digitalisasi Berkelanjutan. Cv. Edupedia Publisher.

Nafilata, M., Andini, R., Suyuti, S., Septiandini, D., & Ariany, I. (2025). INTEGRASI COOPERATIVE LEARNING DALAM KURIKULUM MERDEKA: MEWUJUDKAN KELAS YANG AKTIF, INKLUSIF, DAN BERPUSAT PADA SISWA. Jurnal Ilmiah Research Student, 2(2), 401-414.

Nu’man, M. (2020). Eksplorasi berpikir kreatif melalui discovery learning Bruner. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 20(1), 13-30.

Nurhadi, N. (2024). Jaminan Sosial di Indonesia: Sejarah, Teori dan Tantangan Masa Depan. Friedrich Ebert Stiftung.

Parnawi, A. (2020). Penelitian tindakan kelas (classroom action research). Deepublish.

Rahmah, N. (2013). Belajar bermakna ausubel. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1), 43-48.

Ramdani, C., Arifin, J. Z., & Miftahudin, U. (2024). Pembiasaan Shalat Dzuhur Secara Berjamaah Membantu Kedisiplinan Belajar Siswa di SMA Negeri 2 Klari. Cipulus Edu: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 1-6.

Ramdani, C., Miftahudin, U., & Latif, A. (2023). Peran Keluarga Dalam Pendidikan Karakter. Banun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 12-20.

Roszi, J. P., & Mutia, M. (2018). Akulturasi Nilai-Nilai Budaya Lokal dan Keagamaan dan Pengaruhnya terhadap Perilaku-Perilaku Sosial. FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan, 3(2), 171.

Saparwadi, S., & Sahrandi, A. (2021). Mengenal konsep daniel goleman dan pemikirannya dalam kecerdasan emosi. Al-Musyrif: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 4(1), 17-36.

Simbolon, R. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Sifat Jujur dan Pemahaman Siswa pada Materi Akhlak di Sekolah. Jurnal Kualitas pendidikan, 2(1), 149-156.

Suardipa, I. P. (2020). Proses scaffolding pada zone of proximal development (ZPD) dalam pembelajaran. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya, 4(1), 79-92.

Suriyanisa, S., Syamsuri, S., Ramadhan, I., & Wijaya, T. (2024). Implementasi Model Koperatif Tipe Jigsaw Berbasis Padlet Pada Pembelajaran Sosiologi untuk Meningkatkan Kerja Sama Peserta Didik Kelas XI di SMA Negeri 1 Pontianak. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2227-2240.

Syafei, I. (2002). Media Pembelajaran. Penerbit Widina.

Trisianawati, E., Djudin, T., & Setiawan, R. (2016). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi vektor di kelas X SMA Negeri 1 Sanggau Ledo. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 6(2), 51-60.

Published

2025-10-28

How to Cite

Indiyati, I., & Mursid, E. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Analisis Dampak Inflasi dan Penguatan Empati Sosio-Ekonomi Siswa MAN 1 Kota Serang. Teacher Professional Education Journal, 2(02), 1–7. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/tpej/article/view/12124