Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning pada Materi Teladan Mulia Al-Asmaul Husna di SDN Karawang Wetan II
Abstract viewed : 1 times
|
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 1 times
Keywords:
problem based learning, Teladan mulia Al-asmaul Husna, Pembelajaran efektifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada materi Teladan Mulia Al-Asmaul Husna di kelas IV SDN Karawang Wetan III. Latar belakang penelitian berangkat dari rendahnya hasil belajar dan partisipasi siswa dalam memahami nilai-nilai Asmaul Husna yang seharusnya menjadi pondasi akhlak. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart dengan dua siklus tindakan, masing-masing terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 35 siswa kelas IVC. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif sederhana. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata nilai siswa dari 65,60 pada pra-siklus menjadi 73,40 pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 80,95 pada siklus II. Selain peningkatan kognitif, terjadi juga peningkatan pada aspek afektif dan psikomotorik, seperti antusiasme, kerjasama, serta kemampuan reflektif siswa dalam mengaitkan makna Asmaul Husna dengan perilaku sehari-hari. Penelitian ini membuktikan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat menjadi pendekatan efektif dalam pembelajaran PAI yang berorientasi pada penguatan karakter dan nilai-nilai keteladanan.
Downloads
References
Alifni, A., Umiyanti, P. K., & Ramdani, C. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Tentang Perpindahan Kalor Dengan Penerapan Model Discovery Learning Untuk Peserta Didik Kelas V Sd Negeri Jombang 01. Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 5(2), 134-138.
Aqila, M. N., Roslita, I., Anisa, R., & Farhurohman, O. (2025). Analisis Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 4(2), 454-465.
Barokah, S. H., Nuraeni, E., & Ramdani, C. (2025). Evaluasi dan Pengembangan Kurikulum Tematik untuk Optimalisasi Pembelajaran AUD di PAUD Al-Ghazali Pabuaran Subang. Banun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 43-47.
Basyiroh, I., Ramdani, C., & Husni, J. (2024). Manajemen Kelembagaan Di RA Hidayatul Islamiyah Kecamatan Jatisari Kabupaten Karawang. Banun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 50-56.
Ekandari, C. H., & Chamalah, E. (2025). Literature Review: Problem Based Learning Untuk Aktivitas dan Berpikir Kritis Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 13(1), 19-27.
Halizah, R. A., Aulia, E. V., & Mahdiannur, M. A. (2025). PERAN OUTDOOR-BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA: TINJAUAN LITERATUR SISTEMATIS. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 17(12), 201-210.
Harahap, I. R., Wasino, W., Raharjo, T. J., Subali, B., & Avrilianda, D. (2025). Pengaruh Penerapan Model PBL Berbantu Media Powerpoint dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Rantai Makanan Kelas V. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 572-578.
Julaiha, E., Qodir, A., Azizah, J. N., & Haqiqi, A. (2024). PELATIHAN LIFE SKILL BAGI MAHASISWA TERDAMPAK COVID-19 DI KOTA SERANG. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 14(1), 21-29.
Khoeroh, W., Rijal, R., & Mansur, M. (2024). Pengembangan Modul Pembelajaran Volume Bangun Ruang Berbasis Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bagi Siswa kelas V SD/MI. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research, 2(2), 108-118.
Multazam, A., & Qodir, A. (2024). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas III pada Materi Salat Sunah Rawatib dengan Metode Problem Solving di MIS Nurul Falah 1 Mekarjaya. Teacher Professional Education Journal, 1(01), 7-16.
Nadia, S. K., Rijal, M. R., & Rachmiati, W. (2023). Pengembangan Counting Circuit Media untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa SD/MI dalam Menghitung Keliling Bangun Datar. Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar, 10(1), 57-68.
Qodir, A., Muslihah, E., & Setiawan, R. (2024). Optimization Of Online Learning: Implementation Of E-Learning Models In Islamic Education Programs. Jurnal At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2).
Rachmiati, W., Rijal, M. R., & Faridah, N. (2024). Student Learning Results On Adding Fractions Using The Realistic Mathematics Education (Rme) Approach: An Improvement Effort. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 13(2), 1-12.
Ramdani, C., Arifin, J. Z., & Miftahudin, U. (2024). Pembiasaan Shalat Dzuhur Secara Berjamaah Membantu Kedisiplinan Belajar Siswa di SMA Negeri 2 Klari. Cipulus Edu: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 1-6.
Ulumudin, I., Miftahudin, U., & Ramdani, C. (2024). Dialog Lintas Agama dan Lintas Budaya di Parlemen Inggris Westminster Abbey United Kingdom. Cipulus Edu: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 39-43.
Wahida, N., & Aarjuni, A. R. S. (2024). PENGARUH PENERAPAN MODEL PBL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(04), 255-266.
Zainuddin, Z., Mustafiyanti, M., Zaimuddin, Z., Abidin, Z., & Susanti, A. (2024). Membentuk Karakter Islami Sejak Dini: Inovasi Pendidikan Agama Islam Di Era Digital. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 9(2), 362-372.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Winda Sri Kusmanti, Muhamad Rifqi Rijal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.