Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas IX SMP Al-Azkiya Muncang

Penulis

  • Habibi Habibi SMP Al-Azkiya Muncang
  • M. Rifqi Rijal UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
Statistics: Abstrak viewed : 225 times | PDF (English) downloaded : 128 times

Kata Kunci:

PTK, PBL, Kurikulum Merdeka

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas IX SMP Al-Azkiya Muncang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Kurikulum merdeka belajar hadir sebagai jawaban atas ketatnya persaingan sumber daya manusia secara global di abad 21. Hasil penelitian ini pemberian tindakan dilakukan melalui dua Siklus yaitu Siklus I dan Siklus II dimana setiap Siklus dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan yang terdiri dari 2 pertemuan untuk pelaksanaan tindakan dan satu pertemuan untuk evaluasi. Dari kedua Siklus tersebut maka diketahui sejauh mana tingkat keberhasilan siswa dalam pelaksanaan tindakan dalam pembelajaran PAI melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Pada akhir tiap Siklus dilaksanakan evaluasi dan refleksi yang berkaitan dengan meningkatnya kemampuan berpikir kritis siswa setelah diajar melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada Siklus I dan Siklus II dengan penerapan Model PBL siswa kelas IX  dalam kemampuan berpikir kritis mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya skor rata-rata siswa selama penelitian dilakukan yaitu 62,17 pada Siklus I dan 73,6 pada Siklus II.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arends. 2011. Dalam Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Ed ke 4. Jakarta: Kencana.

Jumaisyaroh, T., Napitupulu, E. E., & Hasratuddin. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP melalui Pembelajran Berbasis Masalah. Jurnal AdMathEdu, 5(1).

Putriani, J. D., & Hudaidah, H. (2021). Penerapan Pendidikan Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3).

https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JIPM/article/view/3590

https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/edukasi/article/view/1475/0

Putriani, J. D., & Hudaidah, H. (2021). Penerapan Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3).

Slameto. 2017. Pengembangan dan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sudjana, Nana. 2014. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung.Sinar Baru Algensido Bandung.

Sumantri, Mohamad S. 2015. Strategi Pembelajaran. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-30

Cara Mengutip

Habibi, H., & Rijal, M. R. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas IX SMP Al-Azkiya Muncang. Teacher Professional Education Journal, 1(01), 29–36. Diambil dari https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/tpej/article/view/10703

Terbitan

Bagian

Articles