Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Type Make a Match pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Karawang Wetan IV

Authors

  • Iim Muawanah SDN Karawang Wetan IV
  • Abdul Qodir Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
Statistics: Abstract viewed : 1 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 1 times

Keywords:

hasil belajar, Pendidikan Agama Islam, Make a Match, pembelajaran kooperatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui penerapan model pembelajaran Make a Match di kelas V SDN Karawang Wetan IV. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa serta minimnya partisipasi aktif dalam pembelajaran PAI yang masih didominasi metode ceramah. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang masing-masing terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 32 siswa kelas V semester genap tahun pelajaran 2024/2025. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, observasi aktivitas siswa, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar siswa meningkat dari 67,15 pada pra-siklus menjadi 75,60 pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 83,40 pada siklus II. Selain peningkatan hasil belajar, penelitian ini juga menunjukkan adanya peningkatan motivasi, perhatian, dan kerja sama antarsiswa selama pembelajaran berlangsung. Temuan ini membuktikan bahwa model Make a Match efektif diterapkan dalam pembelajaran PAI untuk menciptakan suasana belajar yang aktif, menyenangkan, dan bermakna.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, M. I., Hunaida, W. L., & Muqit, A. (2024). Implementasi game edukasi untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran PAI di era digital. Al-Mau'izhoh: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 1099-1107.

Ahmad, M. I., Djollong, A. F., Jumawati, J., Sukriati, S., Hamran, H., Imran, M. A., & Saleh, A. R. (2025). Transformasi Peran Guru dalam Implementasi dan Evaluasi Kurikulum PAI. Sulawesi Tenggara Educational Journal, 5(1), 331-339.

Alifni, A., Umiyanti, P. K., & Ramdani, C. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Tentang Perpindahan Kalor Dengan Penerapan Model Discovery Learning Untuk Peserta Didik Kelas V Sd Negeri Jombang 01. Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 5(2), 134-138.

Anggela, M. (2025). Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Dengan Tipe Make A Match. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam, 2(2), 106-118.

Barokah, S. H., Nuraeni, E., & Ramdani, C. (2025). Evaluasi dan Pengembangan Kurikulum Tematik untuk Optimalisasi Pembelajaran AUD di PAUD Al-Ghazali Pabuaran Subang. Banun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 43-47.

Basyiroh, I., Ramdani, C., & Husni, J. (2024). Manajemen Kelembagaan Di RA Hidayatul Islamiyah Kecamatan Jatisari Kabupaten Karawang. Banun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 50-56.

Fauhah, H., & Rosy, B. (2021). Analisis model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 321-334.

Hasnawiyah, H., Assidig, I., & Jabri, U. (2025). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Metode Demonstrasi dan Make a Match Siswa Kelas V UPT SDN 289 Pinrang. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(2), 553-565.

Hasnawiyah, H., Assidig, I., & Jabri, U. (2025). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Metode Demonstrasi dan Make a Match Siswa Kelas V UPT SDN 289 Pinrang. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(2), 553-565.

Inah, E. N. (2015). Peran komunikasi dalam interaksi guru dan siswa. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 150-167.

Jufri, A. P., Asri, W. K., Mannahali, M., & Vidya, A. (2023). Strategi pembelajaran: Menggali potensi belajar melalui model, pendekatan, dan metode yang efektif. Ananta Vidya.

Julaiha, E., Qodir, A., Azizah, J. N., & Haqiqi, A. (2024). PELATIHAN LIFE SKILL BAGI MAHASISWA TERDAMPAK COVID-19 DI KOTA SERANG. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 14(1), 21-29.

Khoeroh, W., Rijal, R., & Mansur, M. (2024). Pengembangan Modul Pembelajaran Volume Bangun Ruang Berbasis Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bagi Siswa kelas V SD/MI. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research, 2(2), 108-118.

Machali, I. (2022). Bagaimana melakukan penelitian tindakan kelas bagi guru. Ijar, 1(2), 2022-12.

Multazam, A., & Qodir, A. (2024). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas III pada Materi Salat Sunah Rawatib dengan Metode Problem Solving di MIS Nurul Falah 1 Mekarjaya. Teacher Professional Education Journal, 1(01), 7-16.

Mushoffa, K. L., Raunisa, H., Emilia, I., & Azizah, A. N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKN di MIS Mathlaul Anwar Gunung Baru Tahun 2022. Bunayya: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 76-87.

Nadia, S. K., Rijal, M. R., & Rachmiati, W. (2023). Pengembangan Counting Circuit Media untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa SD/MI dalam Menghitung Keliling Bangun Datar. Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar, 10(1), 57-68.

Prameswara, A. Y. (2023). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan hasil Belajar Siswa Kelas 4 SDK Wignya Mandala Melalui Pembelajaran Kooperatif: Indonesia. Sapa: Jurnal Kateketik dan Pastoral, 8(1), 1-9.

Pratama, A. D., Fatqurhohman, F., & Hasanah, F. D. A. (2025). Meningkatkan Komunikasi Matematis Dengan Pbl Berbantuan Matcha Math Card Pada Materi Fungsi Kuadrat Siswa X Sma. Science: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, 5(2), 546-560.

Qodir, A., Muslihah, E., & Setiawan, R. (2024). Optimization Of Online Learning: Implementation Of E-Learning Models In Islamic Education Programs. Jurnal At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2).

Rachmiati, W., Rijal, M. R., & Faridah, N. (2024). Student Learning Results On Adding Fractions Using The Realistic Mathematics Education (Rme) Approach: An Improvement Effort. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 13(2), 1-12.

Ramdani, C., Arifin, J. Z., & Miftahudin, U. (2024). Pembiasaan Shalat Dzuhur Secara Berjamaah Membantu Kedisiplinan Belajar Siswa di SMA Negeri 2 Klari. Cipulus Edu: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 1-6.

Rido, M. A., & Muliati, I. (2025). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Make A Match Dalam Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa. An-Nuha, 5(2), 99-109.

Rustandi, N. (2023). Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa: Implementation of Inquiry-Based Learning Strategy to Enhance Students' Learning Motivation. Kharismatik: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 28-39.

Saadah, U. (2024). Peningkatan Hasil Belajar PAI Menggunakan Model Make a Match di SDN 04 Setia. EduSpirit: Jurnal Pendidikan Kolaboratif, 1(2), 80-84.

Sofiatillah, D. I., Andriana, E., & Rokmanah, S. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Make A Match Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas IV di SDN Curug Barang. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(6), 4603-4614.

Sugiharto, F. B., Chotimah, C., & Ica, V. (2024). Pengunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V Di SDN Tlogomas 2 Kota Malang. Paradigma: Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, dan Sosial Budaya, 30(1), 1-16.

Sumiati, S. (2025). Implementasi Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Action: Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah, 5(1), 55-63.

Supriatin, A. I. (2019). Penggunaan kartu make a match untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membedakan jenis-jenis adaptasi. Jurnal Wahana Pendidikan, 4(2), 46-54.

Ulumudin, I., Miftahudin, U., & Ramdani, C. (2024). Dialog Lintas Agama dan Lintas Budaya di Parlemen Inggris Westminster Abbey United Kingdom. Cipulus Edu: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 39-43.

Utami, D. S., Putri, S. A., Suriansyah, A., & Cinantya, C. (2024). Pentingnya Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(4), 2071-2082.

Winarsih, N., Septiana, W., Musliha, S., & Faize, S. N. (2024). Inovasi Pembelajaran: Eksplorasi Keefektifan Metode Kooperatif ‘Make A Match’untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Ips. Discourse: Indonesian Journal of Social Studies and Education, 1(2), 142-150.

Yusri, N., Ananta, M. A., Handayani, W., & Haura, N. (2024). Peran penting pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter pribadi yang Islami. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 12-12.

Zurlaini, Z. (2024). Penerapan Metode Make A Match dalam Pembelajaran PAI untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas IV SDN 39 Pasar Gompong. Jurnal Ilmiah Penelitian Mahasiswa, 2(5), 377-385.

Published

2025-10-28

How to Cite

Muawanah, I., & Qodir, A. (2025). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Type Make a Match pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Karawang Wetan IV. Teacher Professional Education Journal, 2(02), 14–20. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/tpej/article/view/12144