Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PAI Materi QS. Al-Hujurat/49:13 Melalui Metode Kooperatif Learning pada Siswa Kelas IV SDN Wadas II

Penulis

  • Siti Suryahati SD Negeri Wadas II
Statistics: Abstrak viewed : 1 times | PDF (Bahasa Indonesia) (English) downloaded : 1 times

Kata Kunci:

Pendidikan Agama Islam, Kooperatif Learning, hasil belajar, QS. Al-Hujurat/49:13

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik dalam memahami materi Pendidikan Agama Islam, khususnya QS. Al-Hujurat/49:13 di kelas IV SDN Wadas II. Proses pembelajaran yang masih didominasi metode ceramah membuat siswa kurang aktif, sehingga tingkat pemahaman mereka rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PAI melalui penerapan metode Kooperatif Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri atas 20 siswa kelas IV SDN Wadas II Kecamatan Telukjambe Timur Kabupaten Karawang. Data dikumpulkan melalui observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Kooperatif Learning mampu meningkatkan rata-rata nilai siswa dari 78,12 pada siklus I dengan ketuntasan 70%, menjadi 90,5 pada siklus II dengan ketuntasan 95%. Dengan demikian, metode ini terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar PAI serta mendorong partisipasi aktif dan kerja sama siswa dalam proses pembelajaran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alifni, A., Umiyanti, P. K., & Ramdani, C. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Tentang Perpindahan Kalor Dengan Penerapan Model Discovery Learning Untuk Peserta Didik Kelas V Sd Negeri Jombang 01. Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 5(2), 134-138.

Barokah, S. H., Nuraeni, E., & Ramdani, C. (2025). Evaluasi dan Pengembangan Kurikulum Tematik untuk Optimalisasi Pembelajaran AUD di PAUD Al-Ghazali Pabuaran Subang. Banun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 43-47.

Basyiroh, I., Ramdani, C., & Husni, J. (2024). Manajemen Kelembagaan Di RA Hidayatul Islamiyah Kecamatan Jatisari Kabupaten Karawang. Banun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 50-56.

Julaiha, E., Qodir, A., Azizah, J. N., & Haqiqi, A. (2024). PELATIHAN LIFE SKILL BAGI MAHASISWA TERDAMPAK COVID-19 DI KOTA SERANG. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 14(1), 21-29.

Khoeroh, W., Rijal, R., & Mansur, M. (2024). Pengembangan Modul Pembelajaran Volume Bangun Ruang Berbasis Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bagi Siswa kelas V SD/MI. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research, 2(2), 108-118.

Limbong, M. S., & Derinta, D. M. (2025). Peran Kisah Alkitab Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini Di Paud Penusa: Fondasi Spiritual Bagi Pendidikan Moral. Imitatio Christo: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 160-173.

Mufidah, Z. R., Sukartiningsih, W., Aqida, E. N., Abigael, N. E., Nadhiroh, L., Rahmawati, L. R., & Kurnia, E. T. (2025). STUDI KOMPARATIF TERHADAP EFEKTIVITAS BERBAGAI TIPE PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR, KETERLIBATAN AKTIF, DAN KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK. STRATEGY: Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran, 5(2), 139-150.

Muhamad, M., & Aliyyah, R. R. (2025). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 6 SDN 28 Melayu Kota Bima pada Mata Pelajaran IPAS. SCIENCE: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, 5(2), 752-759.

Multazam, A., & Qodir, A. (2024). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas III pada Materi Salat Sunah Rawatib dengan Metode Problem Solving di MIS Nurul Falah 1 Mekarjaya. Teacher Professional Education Journal, 1(01), 7-16.

Nadia, S. K., Rijal, M. R., & Rachmiati, W. (2023). Pengembangan Counting Circuit Media untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa SD/MI dalam Menghitung Keliling Bangun Datar. Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar, 10(1), 57-68.

Qodir, A., Muslihah, E., & Setiawan, R. (2024). Optimization Of Online Learning: Implementation Of E-Learning Models In Islamic Education Programs. Jurnal At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2).

Rachmiati, W., Rijal, M. R., & Faridah, N. (2024). Student Learning Results On Adding Fractions Using The Realistic Mathematics Education (Rme) Approach: An Improvement Effort. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 13(2), 1-12.

Ramdani, C., Arifin, J. Z., & Miftahudin, U. (2024). Pembiasaan Shalat Dzuhur Secara Berjamaah Membantu Kedisiplinan Belajar Siswa di SMA Negeri 2 Klari. Cipulus Edu: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 1-6.

Rosidah, A., Ananda, D. S., Fuadah, S. S., Andriani, M., Putra, G. L., & Rizqi, M. F. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD: Studi Pustaka. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 10-10.

Semathong, S. (2023). Participatory Action Research to Develop the Teachers on Classroom Action Research. Shanlax International Journal of Education, 11(3), 29-36.

Ulumudin, I., Miftahudin, U., & Ramdani, C. (2024). Dialog Lintas Agama dan Lintas Budaya di Parlemen Inggris Westminster Abbey United Kingdom. Cipulus Edu: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 39-43.

Wangge, M. Y., Santoso, A. P., Kartika, V., & Farida, U. (2021). Strategi Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Daring Pada Siswa SMAN 4 Semarang Selama Masa Pandemi Teacger’s Strategy in Overcoming Online Learning Boredom in SMAN 4 Semarang Students During Pandemic. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan, 2(2), 135-41.

Yusleni, Y. (2024). Implementasi Metode Pembelajaran Aktif oleh Guru PAI dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Siswa SD. Khidmat, 2(1), 174-178.

Diterbitkan

2025-10-28

Cara Mengutip

Suryahati, S. (2025). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PAI Materi QS. Al-Hujurat/49:13 Melalui Metode Kooperatif Learning pada Siswa Kelas IV SDN Wadas II. Teacher Professional Education Journal, 2(02), 21–26. Diambil dari https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/tpej/article/view/12145

Terbitan

Bagian

Articles