Pemimpin dan Kepemimpinan: Total Quality Management (TQM) Kepemimpinan dan Kerja Sama Tim dalam Pendidikan Islam

Penulis

  • Fazrurrakhman Al Farisi Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Indonesia
  • Encep Syarifuddin Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Indonesia
  • Saefudin Zuhri Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32678/tarbawi.v9i01.7970
Statistics: Abstrak viewed : 408 times | PDF (English) downloaded : 451 times

Kata Kunci:

Total Quality Management (TQM), Pemimpin dan Kepemimpinan, Pendidikan Islam

Abstrak

Artikel ini membahas implementasi Total Quality Management (TQM), kepemimpinan dan organisasi dalam pendidikan Islam. Penulis menjelaskan bahwa TQM dapat membantu meningkatkan mutu pendidikan Islam dengan mendukung pengendalian mutu yang berkesinambungan. Selain itu, diperlukan kepemimpinan yang baik untuk mendukung penerapan TQM di lembaga pendidikan Islam. Lebih lanjut penulis menjelaskan bahwa kerjasama tim juga merupakan faktor penting dalam penerapan TQM di lembaga pendidikan Islam. Di tingkat akademik, bekerja sama memungkinkan pengembangan program yang lebih baik, keterlibatan masyarakat yang lebih besar, dan pencapaian misi dan visi perusahaan yang lebih baik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan yang menggunakan metode kepustakaan yaitu pengumpulan data dari berbagai jenis buku baik dan penggunaan metode penelitian kualitatif. Akhirnya, penulis menyimpulkan bahwa integrasi TQM, kepemimpinan dan kerja tim dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan Islam. Namun, penulis menekankan bahwa implementasi yang berhasil membutuhkan kesadaran dan keterlibatan semua pemangku kepentingan, serta pengelolaan yang efektif dan berkelanjutan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Brandhorst, J. K. (2019). Bringing communication theory into the management classroom: Rejoinder to “Critical language and discourse awareness in management education”. Journal of Management Education, 43(6), 673-679. https://doi.org/10.1177/1052562919867983
Briggs, T., Ololube, N. P., & Kpolovie, P. J. (2014). Managing children learning: Support-based screening procedure for motor, cognition and language communication in early childhood education. International Journal of Management in Education, 8(2), 168-193. https://doi.org/10.1504/IJMIE.2014.060234
Djuhartono, T., Ariwibowo, P., & Alhamidi, L. A. (2021). Implementation of total quality management (TQM) on teaching factory (TEFA) vocational middle school in Bogor district. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 7(02), 269–282. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v7i02.4847
Foo, A. T. L., Gnanaselvam, P., & Sim, C. P. (2015). Communication apprehension among Chinese accounting and business students: a demographic exploration. International Journal of Management in Education, 9(2), 161-179. https://doi.org/10.1504/IJMIE.2015.068760
Hasan, M., Arwandi, T., Nursita, L., & Kamal, S. I. M. (2022). The quality of education based on local wisdom: The principal of madrasah review. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 617-628. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v6i2.3484
Jingura, R. M., & Kamusoko, R. (2019). A competency framework for internal quality assurance in higher education. International Journal of Management in Education, 13(2), 119-132. https://doi.org/10.1504/IJMIE.2019.098186
Juhji, J. (2020). Kepemimpinan: sebuah kajian literatur. At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 172-186. https://doi.org/10.37758/jat.v3i2.219
Koslowski, P. (2010). Elements of a Philosophy of Management and Organization. Springer.
Matsuo, M., & Tsukube, T. (2020). A review on cognitive apprenticeship in educational research: Application for management education: Article 100417. The international journal of management education, 18(3), 1-9. https://dialnet.unirioja.es/servlet/articulo?codigo=7667272
Moraes, T. G., Guimarães, L. C., Mattos, F. R., & Souza, J. M. (2013). An e-learning environment for enhancing math communication. International Journal of Management in Education, 7(1-2), 131-148. https://doi.org/10.1504/IJMIE.2013.050817
Muda, L. (2019). Kepemimpinan ketua yayasan dalam mewujudkan kualitas pendidikan dan pembelajaran di SD swasta. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 1-10. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v7i1.1006
Munir, M. (2020). Kepuasan pelanggan dan pemilihan jasa pendidikan. Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 46-66.
Nabilah, Kartikowati, S., & Nas, S. (2022). Implementation of integrated quality management in the learning process in madrasah aliyah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 8(02), 253–263. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v8i02.7362
Nasukah, B., Sulistyorini, S., & Winarti, E. (2020). Peran komunikasi efektif pemimpin dalam meningkatkan kinerja institusi. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 81-93. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v4i1.899
Noviyanti, R. (2021). Pengaruh kepemimpinan kepala madrasah dan etos kerja guru terhadap kinerja guru Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Bandar Lampung. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 53-67. https://doi.org/10.19109/elidare.v7i1.8165
Nuraeni, R., Manggala, T. S., Mutmainah, N. A., & Wulandari, R. T. (2022). The influence of madrasah organizational characteristics on the principal decision-making. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 327-337. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v6i2.3244
Nuraini, N. (2022). Implementasi total quality management berbasis akhlakul karimah dalam peningkatan kualitas pendidikan di STAIN Mandailing Natal. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(02), 149-164. http://dx.doi.org/10.30868/im.v5i2.2737
Pember, E. R., Owens, A., & Yaghi, S. (2014). Customer relationship management: A case study from a metropolitan campus of a regional university. Journal of Higher Education Policy and Management, 36(2), 117-128. https://doi.org/10.1080/1360080X.2013.861056
Perusso, A., & Baaken, T. (2020). Assessing the authenticity of cases, internships and problem-based learning as managerial learning experiences: Concepts, methods and lessons for practice. The International Journal of Management Education, 18(3), 100425. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2020.100425
Pramitha, D. (2020). Revitalisasi kepemimpinan kolektif-kolegial dalam membangun efektifitas komunikasi organisasi pesantren (Studi interaksionisme simbolik di pondok pesantren Jombang). Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 45-69. http://dx.doi.org/10.32478/evaluasi.v4i1.355
Puspitasari, F. F., Sulaiman, A., & Supriyanto, S. (2020). The integrated Islamic school’s characteristics and strategies for human resource supervision. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(3), 304-320. https://doi.org/10.31538/ndh.v5i3.821
Rennie, K. D., Byrum, K., Tidwell, M., & Chitkara, A. K. (2018). Strategic communication in MBA curricula: A qualitative study of student outcomes. Journal of Management Education, 42(5), 594-617. https://doi.org/10.1177/1052562918774593
Rouf, A. (2019). Kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan etos kerja guru pada MTs Pondok Besar Roudlotul Mubtadiin Balekambang Nalumsari Jepara Jawa Tengah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(01), 97–114. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i01.1793
Royhatudin, A., Supardi, S., & Juhji, J. (2020). Transformational leadership style in implementing madrasa-based management. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 6(01), 69–80. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v6i01.2187
Rusmaini, R. (2019). Pengaruh komunikasi intern terhadap efektivitas kerja pegawai di perguruan tinggi Kota Palembang, Indonesia. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 61-68. https://doi.org/10.19109/elidare.v5i1.3499
Sangga, G. G. D. P., & Ahmad, I. F. (2022). Leadership in higher education management system. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 41-58. https://doi.org/10.14421/manageria.2022.71-03
Sari, D. I., & Uyuni, Y. R. (2018). Peran kepemimpinan kepala madrasah dan kecerdasan emosional guru dalam peningkatan mutu pendidikan. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(02), 237–250. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i02.1276
Schulz, D., van der Woud, A., & Westhof, J. (2020). The best indycaster project: Analysing and understanding meaningful YouTube content, dialogue and commitment as part of responsible management education. The international journal of management education, 18(1), 100335. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2019.100335
Sharrock, G. (2014). Communicating spending cuts: lessons for Australian university leaders. Journal of Higher Education Policy and Management, 36(3), 338–354. https://doi.org/10.1080/01587919.2014.899055
Uslu, B. (2017). The influence of organisational features in high-ranked universities: the case of Australia. Journal of Higher Education Policy and Management, 39(5), 471–486. https://doi.org/10.1080/1360080X.2017.1354755
Welcomer, S. A., Haggerty, M. E., & Sama, L. M. (2022). Management education in a “post-truth” world: Critical theory’s contribution to addressing disruptions to learning and communication. Journal of Management Education, 46(2), 284-312. https://doi.org/10.1177/10525629211008644
Yusuf, A. (2021). Model integrated total quality management di sekolah berbasis pesantren. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 182-201. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v9i2.2189

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-05-15

Cara Mengutip

Al Farisi, F. ., Syarifuddin, E., & Zuhri, S. . (2023). Pemimpin dan Kepemimpinan: Total Quality Management (TQM) Kepemimpinan dan Kerja Sama Tim dalam Pendidikan Islam. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 9(01), 85–96. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v9i01.7970

Terbitan

Bagian

Review Articles