Enhancing Student Achievement in Senior High School through Curriculum Management in Indonesia

Penulis

  • Zulkifli Zulkifli PGRI University, West Sumatra, Indonesia
  • Pham Vu Phi Ho Faculty of Foreign Languages, Van Lang University, Vietnam
  • Muh Ibnu Sholeh STAI KH Muhammad Ali Shodiq Tulungagung, Indonesia
  • Sahri Sahri UNUGIRI Bojonegoro, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32678/tarbawi.v9i02.9345
Statistics: Abstrak viewed : 557 times | PDF (English) downloaded : 341 times

Kata Kunci:

Manajemen, Pengembangan Kurikulum, Prestasi Siswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana manajemen pengembangan kurikulum di SMA Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung berkontribusi terhadap prestasi siswa dan  mengungkap hubungan antara desain kurikulum, pelaksanaan, serta dampaknya terhadap pencapaian siswa di SMA Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung.  Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data diperoleh dari observasi, wawancara mendalam dengan guru, kepala sekolah dan tenaga kependidikan. Data yang terkumpul dianalisis dengan metode analisis kualitatif terdiri dari proses transkripsi, pengkodean, pengelompokan intisari hasil penelitian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa SMA Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung telah menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung prestasi siswa. Mereka memahami bahwa kurikulum yang relevan adalah dasar yang kuat, dan dengan mengintegrasikan materi pelajaran yang sesuai dengan kepentingan siswa, mereka telah memberikan landasan yang kuat bagi kesuksesan siswa. Pendekatan pembelajaran yang interaktif, seperti membuka pintu diskusi dan kreativitas, memperkaya pengalaman belajar siswa. Mereka juga memberikan sumber daya tambahan, seperti pelatihan ekstra, untuk membantu siswa mempersiapkan diri dengan baik. Dengan pengukuran dan evaluasi yang terus-menerus, mereka memastikan bahwa siswa berada di jalur yang benar untuk mencapai prestasi luar biasa. Dengan kombinasi semua faktor ini, sekolah ini telah berhasil mempersiapkan siswa untuk menghadapi berbagai tantangan dalam kompetisi dan perlombaan, menjadikan mereka kuat dalam menghadapi masa depan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Andersson, S. B., & Andersson, I. (2005). Authentic learning in a socio-cultural framework: A case study on non-formal learning. Scandinavian Journal of Educational Research, 49(4), 419–436. https://doi.org/10.1080/00313830500203015

Bohemia, E., & Davison, G. (2012). Authentic Learning: The gift project. Design and Technology Education, 17(2), 49-61.

Chaerani, N. I. P., Rosmana, P. S., Iskandar, S., Putri, D. O., Rahman, M. C., & Hasanah, N. W. (2022). Pengaruh pengembangan kurikulum terhadap prestasi siswa. Al Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan, 20(1), 12-27. https://doi.org/10.53515/qodiri.2022.20.1.12-27

Cross, M., Mungadi, R., & Rouhani, S. (2002). From policy to practice: Curriculum reform in South African education. Comparative education, 38(2), 171-187. https://doi.org/10.1080/03050060220140566

Desimone, L. M. (2009). Improving impact studies of teachers’ professional development: Toward better conceptualizations and measures. Educational researcher, 38(3), 181-199. https://doi.org/10.3102/0013189x08331140

Fadilla, H. D., Ardimen, A., Syafwar, F., & Hardi, E. (2022). Pengaruh bimbingan kelompok dengan pendekatan muhasabah terhadap motivasi berprestasi siswa. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 293-304. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v11i2.7113

Firdaus, H., Laensadi, A. M., Matvayodha, G., Siagian, F. N., & Hasanah, I. A. (2022). Analisis evaluasi program kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 686-692. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5302

Guskey, T. R. (2002). Professional development and teacher change. Teachers and teaching, 8(3), 381-391. https://doi.org/10.1080/135406002100000512

Hattie, J. (2023). Visible learning: The sequel: A synthesis of over 2,100 meta-analyses relating to achievement. Taylor & Francis.

Huda, N. (2017). Manajemen pengembangan kurikulum. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 52-75. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v1i2.113

Hursen, C. (2016). The impact of curriculum developed in line with authentic learning on the teacher candidates’ success, attitude and self-directed learning skills. Asia Pacific Education Review, 17, 73-86. https://doi.org/10.1007/s12564-015-9409-2

Kasman, K., & Lubis, S. K. (2022). Teachers’ performance evaluation instrument designs in the implementation of the new learning paradigm of the merdeka curriculum. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 8(3), 760-775. https://doi.org/10.33394/jk.v8i3.5674

Khikmawati, D. K., Alfian, R., Nugroho, A. A., Susilo, A., Rusnoto, R., & Cholifah, N. (2021). Pemanfaatan E-book untuk meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar di Kudus. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 74-82. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14671

McTighe, J., & Wiggins, G. (2012). Understanding by design framework. Alexandria, VA: Association for Supervision and Curriculum Development

Mubarok, A. A., Aminah, S., Sukamto, S., Suherman, D., & Berlian, U. C. (2021). Landasan pengembangan kurikulum pendidikan di Indonesia. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3(1), 103-125. https://doi.org/10.47467/jdi.v3i2.324

Mulyasa, H. E. (2021). Menjadi guru penggerak merdeka belajar. Bandung: Bumi Aksara.

Nabilah, Kartikowati, S., & Nas, S. (2022). Implementation of integrated quality management in the learning process in madrasah aliyah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 8(02), 253–263. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v8i02.7362

Naibaho, L., & Silalahi, M. (2022). Exploring INQF-based curriculum in english education study programs: Investigation of curriculum implementation. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 8(01), 113–120. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v8i01.5925

Nilson, L. B., & Stanny, C. J. (2015). Specifications grading: Restoring rigor, motivating students, and saving faculty time. Routledge.

Nur’azizah, R., Utami, B., & Hastuti, B. (2021, March). The relationship between critical thinking skills and students learning motivation with students’ learning achievement about buffer solution in eleventh grade science program. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1842, No. 1, p. 012038). IOP Publishing.

Posillico, J. J., Edwards, D. J., Roberts, C., & Shelbourn, M. (2022). Curriculum development in the higher education literature: A synthesis focusing on construction management programmes. Industry and Higher Education, 36(4), 456-470. https://doi.org/10.1177/095042222110448

Prince, M. J., & Felder, R. M. (2006). Inductive teaching and learning methods: Definitions, comparisons, and research bases. Journal of engineering education, 95(2), 123-138. https://doi.org/10.1002/j.2168-9830.2006.tb00884.x

Putri, A. A., & Ardi, A. (2021). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui multimedia pembelajaran interaktif berbasis pendekatan saintifik. Jurnal edutech undiksha, 9(1), 1-7. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33931

Putri, A. J., & Arsil, A. (2020). Analisis pencapaian keterampilan komunikasi pada proses pembelajaran. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(2), 154-161. https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i2.3438

Qurtubi, A. (2021). Improving curriculum management: The implementation of the 2013 curriculum and the independent curriculum learning in school. International Journal of Social Science, 1(3), 279-288.

Rose, D. H., & Meyer, A. (2002). Teaching every student in the digital age: Universal design for learning. Association for Supervision and Curriculum Development, 1703 N. Beauregard St., Alexandria, VA 22311-1714 (Product no. 101042: $22.95 ASCD members; $26.95 nonmembers).

Safitri, K. (2020). Pentingnya pendidikan karakter untuk siswa sekolah dasar dalam menghadapi era globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 264-271.

Sahid, A. (2023). Impact of curriculum management on the quality of graduates at MI Yusuf Abdussatar Kediri, West Lombok Regency. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(2), 2398-2404. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v7i2.6604

Santoso, S. (2020). Early childhood character planting-based education curriculum management. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 6(02), 121–130. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v6i02.2927

Setiawan, B., & Suwandi, E. (2022). The development of indonesia national curriculum and its changes: The integrated science curriculum development in Indonesia. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(4), 528-535. https://doi.org/10.46843/jiecr.v3i4.211

Shalihin, R. R. (2023). Enhancing the Islamic education in kurikulum merdeka through international benchmarking: A transdisciplinary study. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 9(01), 1–16. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v9i01.7985

Sholeh, M. I. (2023). Strategi Efektif dalam Manajemen Pendidikan untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Tarbawi Ngabar: Jurnal of Education, 4(2), 139-164. https://doi.org/10.55380/tarbawi.v4i2.462

Sofyan, A., & Riyadi, M. I. R. (2022). Comparison of learning evaluation systems in the 2013 curriculum and independent curriculum at Bengbulang 2 elementary school. In International Journal of Science and Applied Science: Conference Series (Vol. 6, No. 1, pp. 294-296).

Sugiyono, P. D. (2018). Quantitative, qualitative, and R&D research methods. Bandung: Alfabeta.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Sulistiani, H., Hamidy, F., Suaidah, S., Mersita, R., Yunita, Y., & HS, Y. I. (2022). Pelatihan penerapan accurate accounting software bagi siswa jurusan akuntansi di SMK N 1 Padang Cermin. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 3(2), 192-197. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v3i2.2038

Suryana, Y., & Ismi, F. M. (2019). Manajemen kurikulum dalam meningkatkan mutu lulusan. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 4(2), 257-266.

Thaariq, Z. Z. A., & Wedi, A. (2020). Model adaptive blended curriculum (abc) sebagai inovasi kurikulum dalam upaya mendukung pemerataan pendidikan. Jurnal Kiprah, 8(2), 91-104. https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i2.2002

Tyler, R. W. (2013). Basic principles of curriculum and instruction. University of Chicago press.

Untari, E. (2017). Pentingnya pembelajaran multiliterasi untuk mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar dalam mempersiapkan diri menghadapi kurikulum 2013. Wahana Sekolah Dasar, 25(1), 16-22.

Wibawa, R., & Lukitasari, D. (2020). Pengaruh penggunaan model pembelajaran otentik terhadap motivasi belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), 53-61. https://doi.org/10.33394/jtp.v4i1.2257

Widyastuti, A. S., & Sutrisno, S. (2020). Pengaruh kompetensi tutor, harga dan prestasi belajar siswa terhadap loyalitas pelanggan lembaga bimbingan belajar dengan kepuasan sebagai variabel intervening. Jurnal Bina Manajemen, 8(2), 78-89. https://doi.org/10.52859/jbm.v8i2.88

Wijngaards-de Meij, L., & Merx, S. (2018). Improving curriculum alignment and achieving learning goals by making the curriculum visible. International Journal for Academic Development, 23(3), 219-231. https://doi.org/10.1080/1360144X.2018.1462187

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-11-15

Cara Mengutip

Zulkifli, Z., Vu Phi Ho, P. ., Sholeh, M. I., & Sahri, S. (2023). Enhancing Student Achievement in Senior High School through Curriculum Management in Indonesia . Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 9(02), 267–278. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v9i02.9345

Terbitan

Bagian

Original Research Article