Benchmarking Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten ke PPG UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Benchmarking Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten ke PPG UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Senin, 12 Agustus 2024, Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menerima kunjungan benchmarking dari PPG Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Acara ini bertujuan untuk berbagi pengalaman dan praktik terbaik dalam pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di lingkungan pendidikan profesi guru.

Kegiatan ini berlangsung di Ruang Rapat Dekan, Lantai 2, Gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. Acara dimulai dengan sambutan dari Dr. Suwadi, M.Ag., M.Pd., selaku Kaprodi PPG UIN Sunan Kalijaga, yang memberikan pengantar mengenai pelaksanaan SPMI di institusinya. Selanjutnya, Dr. Endang Sulistyowati, Sekprodi PPG UIN Sunan Kalijaga, bersama dengan Abda Billah Faza Muhammadkan Bastian, M.Pd., dari PPG UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, melakukan diskusi mendalam mengenai implementasi Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan (PPEPP) dalam sistem penjaminan mutu, termasuk pelaksanaan audit mutu internal, tindak lanjut audit, dan rapat tinjauan manajemen.

Selama sesi tersebut, Dr. Endang memaparkan sistem penjaminan mutu yang diterapkan di PPG UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, yang melibatkan audit internal yang dilakukan setiap semester dengan fokus pada standar tertentu. Pada semester ganjil, audit lebih menitikberatkan pada standar penelitian, pengabdian masyarakat, dan standar tambahan, sedangkan pada semester genap, fokusnya pada standar pembelajaran dan pendidikan.

UIN Sunan Kalijaga juga telah mengembangkan sistem informasi yang mendukung pelaksanaan SPMI melalui portal mutu.in.suka.ac.id. Sistem ini memfasilitasi proses monitoring dan evaluasi, serta berbagai survei yang membantu menjaga kualitas pendidikan di universitas tersebut.

Namun, dalam evaluasi pembelajaran di Program Profesi Guru (PPG), ditemukan kendala terkait akses mahasiswa PPG ke sistem informasi akademik, yang membuat integrasi survei evaluasi pembelajaran menjadi sulit. Untuk mengatasi hal ini, dibutuhkan instrumen dan pedoman akademik yang lebih sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan PPG, terutama dalam monitoring kehadiran yang sering kali dilakukan secara online.

Kegiatan ini diakhiri dengan harapan bahwa hasil benchmarking ini dapat memberikan manfaat bagi kedua institusi dalam meningkatkan mutu pendidikan profesi guru di Indonesia.

Laporan Benchmarking Bisa di Download Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top