SURVEI LAYANAN AKADEMIK MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
DOI:
https://doi.org/10.32678/primary.v10i02.1287


Keywords:
Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, layanan akademik, surveiAbstract
Perguruan tinggi Islam di Indonesia yakni universitas/institut negeri Islam berada di peringkat 10 besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia, namun sayangnya tidak masuk dalam lima besar. Sebagai tolok ukur untuk mencapai peringkat tersebut, setidaknya ada tujuh standar yang telah ditetapkan oleh instansi yang berkompeten dalam menilai sebuah lembaga pendidikan tinggi nasional. Dari ketujuh standar tersebut, lima diantaranya terkait dengan pelayanan dan mahasiswa. Beberapa hasil studi tentang layanan akdemik menunjukkan bahwa layanan akademik mahasiswa penting sebagai salah satu cerminan mutu suatu lembaga pendidikan. Tujuan studi ini adalah untuk mendeskripsikan dan menunjukkan bagaimana pelayanan akademik mahasiswa di tingkat Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Hasil survei menunjukkan bahwa pertama, dilihat dari aspek berwujud, 83% responden menyatakan ada kegiatan layanan akademik dengan berbagai fasilitas yang mendukungnya. Kedua, aspek keandalan, 80% responden berpendapat staf jurusan diakui keandalannya dalam melayani mahasiswa. Ketiga, aspek keresponsipan menunjukkan bahwa 90% responden menyatakan layanan akademik dilakukan secara responsive. Keempat, aspek kompetensi menunjukkan bahwa 94% responden mengakui kompetensi staf dan dosen yang ada di jurusan PGMI. Kelima, aspek perilaku menunjukkan bahwa 91% responden melihat perilaku yang ditunjukkan oleh staf dalam melayani mahasiswa sudah cukup baik. Keenam, aspek kejujuran menunjukkan bahwa 77% responden menyatakan layanan di Jurusan PGMI dilaksanakan secara kredibel. Ketujuh, aspek keamanan menunjukkan 93% responden merasa nyaman dalam mendapatkan fasilitas layanan akademik. Kedelapan, aspek akses memperlihatkan bahwa 88% responden mengakui berbagai kemudahan dan fasilitas layanan yang diberikan oleh jurusan. Kesembilan, komunikasi menunjukkan 84% responden berpendapat bahwa komunikasi yang dibangun baik antar pemberi layanan dan yang terlayani terjalin dengan baik. Kesepuluh, aspek mengerti kebutuhan pelanggan menunjukkan 84% responden mengakui dan mengalami bahwa mereka mendapatkan layanan apa yang diharapkan dibutuhkan. Oleh karena itu, survey ini dapat dinyatakan bahwa layanan akdemik telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan serta harapan mahasiswa. Meskipun ada beberapa catatan yang perlu diperbaiki, kesesuaian layanan tersebut didasarkan pada data yang secara nyata rata-rata dari seluruh aspek menunjukkan 80% responden menyatakan telah mendapatkan, mengalami, dan merasakan layanan akademik jurusan PGMI sesuai yang diinginkan, diharapkan, dan dibutuhkan oleh mahasiswa.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
PRIMARY JOURNAL: https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primary is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in PRIMARY: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.