Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn. Pada Materi Memahami Hak Dan Kewajiban Sebagai Warga Negara Melalui Pendekatan Probing Prompting Learning

Authors

  • Tuti Alawiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten
  • Akrom Akrom Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten
Statistics: Abstract viewed : 233 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 307 times

Keywords:

Prestasi Belajar, Pendekatan Probing Prompting Learning, Pembelajaran PPKn, Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena prestasi belajar siswa yang rendah, nilai rata-rata siswa yaitu di bawah 50,00. Sedangkan nilai kriteria ketuntasan  minimalnya yaitu 65. Hal ini disebabkan karena siswa kurang menguasai materi pelajaran yang disampaikan oleh guru, kemudian aktivitas siswa masih terpusat pada guru, begitu juga siswa kurang aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi hak dan kewajiban sebagai warga negara menggunakan pendekatan probing prompting learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan belajar pada kegiatan siklus
I ada peningkatan yaitu 33.33%. Hal ini dapat terlihat dari keaktifan siswa dalam kegiatan belajar. Sedangkan pada kegiatan siklus II juga terjadi peningkatan dari siklus I yaitu hampir 100%, sehingga prestasi belajar siswa dapat mencapai ketuntasan belajar. Dengan demikian dalam pembelajaran PPKn pada materi memahami hak dan kewajiban sebagai warga negara dengan menggunakan pendekatan probing prompting learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas IV.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Tuti Alawiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten

Akrom Akrom, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten

Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten

Published

2017-01-16

How to Cite

Alawiyah, T., & Akrom, A. (2017). Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn. Pada Materi Memahami Hak Dan Kewajiban Sebagai Warga Negara Melalui Pendekatan Probing Prompting Learning. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 8(1), 93–106. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primary/article/view/149

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)