Pengaruh Penggunaan Strategi Hollywood Squares Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Perjuangan Pada Masa Penjajahan Belanda


Keywords:
Hasil Belajar, Hollywood Squares, IPSAbstract
Proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif tidak terlepas dari peran guru yang selalu membimbing siswa untuk mencapai hasil belajar yang optimal dan bermakna. Permasalahan yang terjadi sekarang ini adalah kurang maksimalnya dalam menerapakan strategi pembelajaran tertentu. Keadaan tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain: Penggunaan sumber belajar yang tidak efektif, materi pendidikan IPS hanya dikembangkan atas acuan apa yang terdapat di dalam buku teks, kurangnya pemanfaatan lingkungan sekitar anak dan pengalaman keseharian siswa dalam proses pembelajaran, serta penggunaan model atau strategi mengajar yang kurang mengarah kepada berpikir kreatif dan inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi Hollywood Squares terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V. Berdasarkan hasil analisis, tingkat penggunaan Strategi Hollywood Squares dengan langkah pertama dalam pengambilan data adalah melakukan tes awal (pretest). Setelah dilakukan tes awal, langkah selanjutnya yaitu memberikan perlakuan (treatment). Setelah perlakuan selesai dilakukan, selanjutnya dilakukan tes akhir (posttest), dengan nilai rata-rata pretest sebesar 55,59 sedangkan hasil belajar post test sebesar 77,30. Hasil uji statistik dengan menggunakan Paired Sample Test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh penggunaan strategi Hollywood Squares dalam meningkatkan hasil belajar untuk mata pelajaran IPS pada siswa kelas V.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
PRIMARY JOURNAL: https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primary is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in PRIMARY: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.