Pengaruh Penggunaan Strategi Hollywood Squares Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Perjuangan Pada Masa Penjajahan Belanda

Authors

  • Haifatunnisa Haifatunnisa Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SMH Banten
  • Akrom Akrom Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SMH Banten
Statistics: Abstract viewed : 115 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 113 times

Keywords:

Hasil Belajar, Hollywood Squares, IPS

Abstract

Proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif tidak terlepas dari peran guru yang selalu membimbing siswa untuk mencapai hasil belajar yang optimal dan bermakna. Permasalahan yang terjadi sekarang ini adalah kurang maksimalnya dalam menerapakan strategi pembelajaran tertentu. Keadaan tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain: Penggunaan sumber belajar yang tidak efektif, materi pendidikan IPS hanya dikembangkan atas acuan apa yang terdapat di dalam buku teks, kurangnya pemanfaatan lingkungan sekitar anak dan pengalaman keseharian siswa dalam proses pembelajaran, serta penggunaan model atau strategi mengajar yang kurang mengarah kepada berpikir kreatif dan inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi Hollywood Squares terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V. Berdasarkan hasil analisis, tingkat penggunaan Strategi Hollywood Squares dengan langkah pertama dalam pengambilan data adalah melakukan tes awal (pretest). Setelah dilakukan tes awal, langkah selanjutnya yaitu memberikan perlakuan (treatment). Setelah perlakuan selesai dilakukan, selanjutnya dilakukan tes akhir (posttest), dengan nilai rata-rata pretest sebesar 55,59 sedangkan hasil belajar post test sebesar 77,30. Hasil uji statistik dengan menggunakan Paired Sample Test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh penggunaan strategi Hollywood Squares dalam meningkatkan hasil belajar untuk mata pelajaran IPS pada siswa kelas V.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Haifatunnisa Haifatunnisa, Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SMH Banten

Alumni Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SMH Banten

Akrom Akrom, Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SMH Banten

Dosen Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SMH Banten

Published

2017-12-29

How to Cite

Haifatunnisa, H., & Akrom, A. (2017). Pengaruh Penggunaan Strategi Hollywood Squares Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Perjuangan Pada Masa Penjajahan Belanda. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 9(2), 225–242. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primary/article/view/427

Most read articles by the same author(s)