Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Tentang Pemerintahan Pusat Melalui Model Mind Mapping

Authors

  • Dita Anggraeni Putri Jurusan PGMI FTK IAIN SMH Banten
  • Akrom Akrom Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten
Statistics: Abstract viewed : 137 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 356 times

Keywords:

Hasil belajar, pendidikan kewarganegaraan, model mind mapping

Abstract

Proses pembelajaran yang kurang sesuai antara model pembelajaran dengan materi pembelajaran, sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini dimaksudkan untuk memperbaiki kondisi yang menyebabkan hasil belajar yang rendah pada siswa salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran mind mapping. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa pertama, Penerapan model pembelajaran mind mapping untuk pelajaran PKn sangat diminati siswa dan mampu meningkatkan pemikiran siswa untuk menjadi lebih kreatif dalam pembelajaran. Kedua, hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata setiap siklusnya. Nilai rata-rata pada pra siklus yaitu 40 dengan persentase 20%, pada sikus I yaitu 55 dengan persentase 55%, dan pada siklus II meningkat yaitu 78 dengan persentase 85%. Sedangkan untuk aktivitas guru didapatkan persentase pada siklus I, yaitu 75% mengalami peningkatan pada siklus II, yaitu 97,91%. Proses pembelajaran melalui model pembelajaran mind mapping pada mata pelajaran PKn kelas IV pada materi sistem pemerintahan pusat dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Dita Anggraeni Putri, Jurusan PGMI FTK IAIN SMH Banten

Alumni Jurusan PGMI FTK IAIN SMH Banten

Akrom Akrom, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten

Alumni Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten

Published

2017-01-18

How to Cite

Putri, D. A., & Akrom, A. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Tentang Pemerintahan Pusat Melalui Model Mind Mapping. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 8(2), 283–302. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primary/article/view/162

Most read articles by the same author(s)