Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Tentang Pemerintahan Pusat Melalui Model Mind Mapping


Keywords:
Hasil belajar, pendidikan kewarganegaraan, model mind mappingAbstract
Proses pembelajaran yang kurang sesuai antara model pembelajaran dengan materi pembelajaran, sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini dimaksudkan untuk memperbaiki kondisi yang menyebabkan hasil belajar yang rendah pada siswa salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran mind mapping. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa pertama, Penerapan model pembelajaran mind mapping untuk pelajaran PKn sangat diminati siswa dan mampu meningkatkan pemikiran siswa untuk menjadi lebih kreatif dalam pembelajaran. Kedua, hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata setiap siklusnya. Nilai rata-rata pada pra siklus yaitu 40 dengan persentase 20%, pada sikus I yaitu 55 dengan persentase 55%, dan pada siklus II meningkat yaitu 78 dengan persentase 85%. Sedangkan untuk aktivitas guru didapatkan persentase pada siklus I, yaitu 75% mengalami peningkatan pada siklus II, yaitu 97,91%. Proses pembelajaran melalui model pembelajaran mind mapping pada mata pelajaran PKn kelas IV pada materi sistem pemerintahan pusat dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
PRIMARY JOURNAL: https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primary is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in PRIMARY: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.