PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KARTU ARISAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS

Authors

  • Mufarihah Mufarihah MI Al-Khairiyah Badamussalam, Kec. Kasemen, Kota Serang, Banten.
  • Akrom Akrom UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/primary.v12i01.2598
Statistics: Abstract viewed : 157 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 177 times

Keywords:

Pembelajaran kooperatif tipe kartu arisan, hasil belajar IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe kartu arisan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen, dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: hasil belajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe kartu arisan memperoleh rata-rata nilai posttest 62, sedangkan hasil belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional memperoleh rata-rata nilai post-test 51,72. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung ˃ ttabel, thitung = 2,601 dan ttabel = 2,000. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model kooperatif tipe kartu arisan dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional. Oleh karena itu, dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe kartu arisan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-06-30

How to Cite

Mufarihah, M., & Akrom, A. (2020). PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KARTU ARISAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 12(1), 77–88. https://doi.org/10.32678/primary.v12i01.2598

Issue

Section

Article

Most read articles by the same author(s)