Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Materi Kondisi Geografis Lingkungan Sekitar Melalui Media Peta dan Kompas
DOI:
https://doi.org/10.32678/primary.v7i2.6425


Keywords:
hasil belajar, kondisi geografis lingkungan sekitar, PTK, media pembelajaran peta dan kompasAbstract
Permasalahan pembelajaran IPS di SDN Kubang Puji I adalah kurangnya minat belajar siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar dan siswa mudah jenuh di saat proses belajar mengajar berlangsung oleh karena itu hasil belajar siswa kurang maksimal. Hal tersebut disebabkan penggunaan media yang kurang optimal dan proses pembelajaran yang monoton sehingga siswa merasa jenuh dalam mengikuti proses kegiatan belajar mengajar. Dari permasalahan tersebut peneliti ingin memecahkan masalah tentang kurangnya media pembelajaran sebagai pendukung pada proses belajar mengajar dengan menggunakan media pembelajaran siswa dapat mengoptimalkan media pembelajaran yang ada karena media juga sangat berpengaruh pada proses belajar mengajar sehingga diharapkan dengan menggunakan media pembelajaran secara optimal dapat meningkatkan terhadap aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas pembelajaran guru pada siklus I sebesar (76%), pada siklus II sebesar (90%), dan terjadi peningkatan sebesar (14%), antara siklus I sampai siklus II. Aktivitas pembelajaran siswa pada siklus I sebesar (75,25%), pada siklus II sebesar (85%), dan terjadi peningkatan sebesar (9,75%), hasil belajar siswa pada siklus I sebesar (16,91%), pada siklus II sebesar (21,33%), dan terjadi peningkatan sebesar (44,2%) antara siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kondisi geografis lingkungan sekitar, menggunakan media pembelajaran peta dan kompas. Dengan demikian media pembelajaran peta dan kompas dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada materi kondisi geografis lingkungan sekitar.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
PRIMARY JOURNAL: https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primary is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in PRIMARY: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.