Peningkatan Hasil Belajar IPS dalam Materi Gejala-Gejala Alam yang Terjadi di Indonesia dan Negara Tetangga dengan Menggunakan Media Audio Visual

Authors

  • Asep Juwaeni Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Akrom Akrom Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/primary.v7i1.2982
Statistics: Abstract viewed : 148 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 208 times

Keywords:

hasil belajar, audio visual, IPS, PTK, gejala-gejala alam yang terjadi di Indonesia dan Negara tetangga

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam meng-ikuti pelajaran IPS di kelas VI pada materi gejala-gejala alam yang ter-jadi di Indonesia dan negara tetangga, yang disebabkan proses pembe-lajaran yang dilaksanakan belum dilengkapi dengan penggunaan meto-de atau media pembelajaran yang sesuai, sehingga menyebabkan hasil belajar siswa rendah.Oleh karena itu, penelitianini bertujuan untuk me-nerapkan media audio visual pada materi gejala-gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan Negara Tetangga. Penerapan media audio visual pada materi gejala-gejala alam yang terjadi di Indonesia dan Negara Tetangga dapat meningkatkan antusiaisme atau semangat pe-serta didik dalam mengikuti proses pembelajaran dan dapat mening katkan hasil belajar peserta didik. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil belajar peserta didik pada setiap siklus yang telah dilaksanakan, seba-gai berikut: Hasil belajar siswa dilihat dari nilai rata-rata yang telah di-capai oleh siswa pada tahap siklus I setelah menggunakan media audio visual meningkat menjadi 69,7 dengan persentase ketuntasan 66,7% dan siklus II meningkat menjadi 83,63 dengan persentase ketuntasan 81,8%.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2015-06-30

How to Cite

Juwaeni, A., & Akrom, A. (2015). Peningkatan Hasil Belajar IPS dalam Materi Gejala-Gejala Alam yang Terjadi di Indonesia dan Negara Tetangga dengan Menggunakan Media Audio Visual. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 7(1), 101–110. https://doi.org/10.32678/primary.v7i1.2982

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)