Peningkatan Hasil Belajar IPS dalam Materi Gejala-Gejala Alam yang Terjadi di Indonesia dan Negara Tetangga dengan Menggunakan Media Audio Visual
DOI:
https://doi.org/10.32678/primary.v7i1.2982


Keywords:
hasil belajar, audio visual, IPS, PTK, gejala-gejala alam yang terjadi di Indonesia dan Negara tetanggaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam meng-ikuti pelajaran IPS di kelas VI pada materi gejala-gejala alam yang ter-jadi di Indonesia dan negara tetangga, yang disebabkan proses pembe-lajaran yang dilaksanakan belum dilengkapi dengan penggunaan meto-de atau media pembelajaran yang sesuai, sehingga menyebabkan hasil belajar siswa rendah.Oleh karena itu, penelitianini bertujuan untuk me-nerapkan media audio visual pada materi gejala-gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan Negara Tetangga. Penerapan media audio visual pada materi gejala-gejala alam yang terjadi di Indonesia dan Negara Tetangga dapat meningkatkan antusiaisme atau semangat pe-serta didik dalam mengikuti proses pembelajaran dan dapat mening katkan hasil belajar peserta didik. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil belajar peserta didik pada setiap siklus yang telah dilaksanakan, seba-gai berikut: Hasil belajar siswa dilihat dari nilai rata-rata yang telah di-capai oleh siswa pada tahap siklus I setelah menggunakan media audio visual meningkat menjadi 69,7 dengan persentase ketuntasan 66,7% dan siklus II meningkat menjadi 83,63 dengan persentase ketuntasan 81,8%.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
PRIMARY JOURNAL: https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primary is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in PRIMARY: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.