Integrasi Dimensi Berkebinekaan Global Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari di Sekolah Dasar

Authors

  • Jaka Arlistiyanta Program Studi PPG Pascasarjana Universitas PGRI Semarang
  • Mira Azizah Program Studi PPG Pascasarjana Universitas PGRI Semarang
  • Paryati SDN Pandeanlamper 01 Semarang

DOI:

https://doi.org/10.32678/ibtidai.v11i01.10068
Statistics: Abstract viewed : 265 times | PDF downloaded : 203 times

Keywords:

Seni Tari, Kualitatif, Berkebinekaan Global, P5

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Integrasi Dimensi Berkebinekaan Global P5 Melalui Kegiatan Ekstra Kurikuler Seni Tari Di SDN Pandeanlamper 01 Semarang. Manfaat dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengintegrasian nilai-nilai profil pelajar pancasila berkebinekaan global dapat diterapkan peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler seni tari yang sesuai dengan profil pelajar pancasila Metode Kualitatif digunakan untuk menganalisis hasil observasi dan wawancara. Tempat penelitian yaitu SDN Pandeanlamper 01 Semarang dengan subjek penelitian guru dan peserta didik kelas IV - VI SDN Pandeanlamper 01 Semarang. Adapun teknik pengumpulan data kualiatatif mengambil teori (Faiz & Soleh, 2021 Sugiyono, 2015).  Hal tersebut sesuai dengan hasil wawancara yang telah dilaksanakan melibatkan guru serta telah sesuai dengan hasil observasi wawancara dan survei telah terdokumentasi dengan baik serta telah terlaksana. Pendidikan karakter melalui aspek-aspek profil pelajar Pancasila dirancang untuk pelajar dengan enam sikap yaitu yaitu beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, mandiri, gotong royong, bernalar kritis dan kreatif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Arlistiyanta, J., Azizah, M., & Paryati, P. (2024). Integrasi Dimensi Berkebinekaan Global Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari di Sekolah Dasar. Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 11(1), 15–24. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v11i01.10068

Issue

Section

Articles