Studi Komparasi antara Strategi Pembelajaran Al-Quran Moving Class dan Static Class di SDIT

Authors

  • Ahmad Safi'i Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Pendidikan Islam Bina Insan Mulia Yogyakarta
  • Muhammad Rofi Fauzi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Pendidikan Islam Bina Insan Mulia Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32678/ibtidai.v11i01.10256
Statistics: Abstract viewed : 164 times | PDF downloaded : 144 times

Keywords:

Moving class, Static class, Pendidikan Dasar, Pembelajaran Al-Quran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas perbandingan antara strategi pembelajaran Al-Quran moving class dan static class di SDIT Salsabila 2 Klaseman Sleman, mengulas kelebihan dan kekurangan masing-masing. Penelitian merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan komparatif, yaitu membandingkan objek satu dengan lain. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, display data dan conclusion/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Al-Quran moving class dilakukan dengan cara peserta didik berpindah ke kelas lain yang masih dalam satu paralel kelas sesuai tingkatan mengajinya, sedangkan static class dilakukan dengan cara tetap di dalam kelas masing-masing meskipun tingkatan mengaji di kelas tersebut berbeda-beda. Kelebihan moving class adalah memudahkan guru dalam membimbing mengaji karena peserta didik dalam tingkatan yang sama, target lebih mudah terpenuhi, pembelajaran efektif dan peserta didik lebih akrab dengan guru atau peserta didik kelas lain

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Safi’i, A., & Fauzi, M. R. (2024). Studi Komparasi antara Strategi Pembelajaran Al-Quran Moving Class dan Static Class di SDIT. Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 11(1), 87–98. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v11i01.10256

Issue

Section

Articles