Media Powerpoint Berbasis Animasi Sebagai Sarana Peningkatan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.32678/ibtidai.v11i2.11153


Keywords:
Animasi, Efektivitas, Materi Gaya Kelas IV, PowerPoint, Prestasi BelajarAbstract
Pembelajaran IPA sebagai bagian integral dari pendidikan mempunyai peranan penting dalam mendidik dan membina peserta didik yang mampu berpikir kritis, berlogika, kreatif, berinovasi dan mampu bersaing secara global. Penerapan media pembelajaran adalah sebuah langkah bagi guru dalam mempermudah siswa dalam memahami materi yang diberikan, serta menumbuhkan minat dan motivasi belajar. Media pembelajaran yang clasic dan konvensional dapat dibuat lebih menarik dengan menganimasikan materi pelajaran untuk memvisualisasikan teori dan konsep IPA yang abstrak. Hal ini dapat dilakukan pendidik dengan mengolah program PowerPoint. Tujuan Penelitian yang dilakukan adalah untuk melihat dan mengetahui efektivitas PowerPoint dengan menggunakan animasi untuk meningkatkan prestasi belajar IPA materi gaya pada murid Kelas IV SD. media PowerPoint berbasis animasi pada materi gaya dari uji validitas isi memperoleh hasil 94,5 %, validitas konstruk sebesar 90,9%, dan hasil uji coba siswa sebesar 92,25% dengan kriteria sangat baik dan sangat layak. Media PowerPoint berbasis animasi sangat layak digunakan sebagai media dalam membantu meningkatkan prestasi siswa, khususnya pada pelajaran IPA materi Gaya untuk Kelas IV Sekolah Dasar
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Eko Bayu Gumilar, Kristina Gita Permatasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.