Analisis Kesiapan Guru MIS Rantau Panjang dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.32678/ibtidai.v11i2.11158


Keywords:
Kurikulum Merdeka, kesiapan guru, pembelajaran abad 21, Profil Pelajar Pancasila, identifikasi potensi siswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kesiapan guru di MIS Rantau Panjang, Desa Teluk Bakung, Kecamatan Tanjung Pura, dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Fokus penelitian mencakup pemahaman terhadap kebijakan Kurikulum Merdeka, kemampuan merancang tujuan pembelajaran yang mendukung Profil Pelajar Pancasila, penerapan prinsip pembelajaran abad ke-21, serta identifikasi potensi peserta didik. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh melalui angket dan metode analitik lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas guru memiliki pemahaman yang baik tentang prinsip Kurikulum Merdeka dan mampu merancang tujuan pembelajaran yang relevan dengan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila. Guru juga telah mengintegrasikan keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, komunikasi, dan kreativitas dalam proses pembelajaran. Di samping itu, mereka menunjukkan kompetensi yang memadai dalam mengenali potensi siswa. Meski demikian, masih terdapat tantangan dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek (PBL), yang membutuhkan peningkatan melalui pelatihan intensif dan pendampingan sistematis. Upaya penguatan ini diharapkan dapat memaksimalkan implementasi Kurikulum Merdeka, sehingga mendukung terciptanya generasi pelajar yang berkarakter kuat, adaptif, dan kompeten dalam menghadapi tantangan masa depan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tuti Rezeki Awaliyah Siregar, Afrida Ainun Misna, Erlinda, Muhammad Sulaiman, Shofiyyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.