Analisis Kesiapan Guru MIS Rantau Panjang dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah

Authors

  • Tuti Rezeki Awaliyah Siregar STAI JAM'IYAH MAHMUDIYAH LANGKAT
  • Afrida Ainun Misna STAI JAM'IYAH MAHMUDIYAH LANGKAT
  • Erlinda STAI JAM'IYAH MAHMUDIYAH LANGKAT
  • Muhammad Sulaiman STAI JAM'IYAH MAHMUDIYAH LANGKAT
  • Shofiyyah STAI JAM'IYAH MAHMUDIYAH LANGKAT

DOI:

https://doi.org/10.32678/ibtidai.v11i2.11158
Statistics: Abstract viewed : 42 times | PDF downloaded : 23 times

Keywords:

Kurikulum Merdeka, kesiapan guru, pembelajaran abad 21, Profil Pelajar Pancasila, identifikasi potensi siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kesiapan guru di MIS Rantau Panjang, Desa Teluk Bakung, Kecamatan Tanjung Pura, dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Fokus penelitian mencakup pemahaman terhadap kebijakan Kurikulum Merdeka, kemampuan merancang tujuan pembelajaran yang mendukung Profil Pelajar Pancasila, penerapan prinsip pembelajaran abad ke-21, serta identifikasi potensi peserta didik. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh melalui angket dan metode analitik lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas guru memiliki pemahaman yang baik tentang prinsip Kurikulum Merdeka dan mampu merancang tujuan pembelajaran yang relevan dengan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila. Guru juga telah mengintegrasikan keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, komunikasi, dan kreativitas dalam proses pembelajaran. Di samping itu, mereka menunjukkan kompetensi yang memadai dalam mengenali potensi siswa. Meski demikian, masih terdapat tantangan dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek (PBL), yang membutuhkan peningkatan melalui pelatihan intensif dan pendampingan sistematis. Upaya penguatan ini diharapkan dapat memaksimalkan implementasi Kurikulum Merdeka, sehingga mendukung terciptanya generasi pelajar yang berkarakter kuat, adaptif, dan kompeten dalam menghadapi tantangan masa depan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Tuti Rezeki Awaliyah Siregar, STAI JAM'IYAH MAHMUDIYAH LANGKAT

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Jam’iyah Mahmudiyah, Langkat, Sumatera Utara

Afrida Ainun Misna, STAI JAM'IYAH MAHMUDIYAH LANGKAT

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Jam’iyah Mahmudiyah, Langkat, Sumatera Utara

Erlinda, STAI JAM'IYAH MAHMUDIYAH LANGKAT

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Jam'iyah Mahmudiyah, Langkat

Muhammad Sulaiman, STAI JAM'IYAH MAHMUDIYAH LANGKAT

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Jam'iyah Mahmudiyah, Langkat

Shofiyyah, STAI JAM'IYAH MAHMUDIYAH LANGKAT

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Jam'iyah Mahmudiyah, Langkat

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Siregar, T. R. A., Misna, A. A. ., Erlinda, E., Sulaiman, M., & Shofiyyah, S. (2024). Analisis Kesiapan Guru MIS Rantau Panjang dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah. Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 11(2), 189–204. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v11i2.11158