Dampak Penggunaan Gadget pada Perkembangan Psikologi Siswa di MI Al-Maghfiroh Curahlele Balung Jember
DOI:
https://doi.org/10.32678/ibtidai.v11i2.11161


Keywords:
dampak, perkembangan, psikologi siswa, gadgetAbstract
Gadget adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari pada saat ini. Hampir semua kalangan menggunakannya. Bukan hanya orang dewasa, bahkan anak kecil yang masih duduk di sekolah dasar sudah biasa menggunakannya atau bahkan lebih pintar dari orang dewasa. penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui ada dampak yang ditimbulkan terhadap penggunaan gadget, baik dampak positif maupun dampak negatif terhadap perkembangan psikologi anak usia sekolah dasar di MI Al-Maghfiroh Curahlele Balung Jember. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan psikologi anak usia sekolah dasar MI Al-Maghfiroh Curahlele Balung Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan wawancara, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, sehingga data yang dihasilkan berupa uraian kata dan kalimat, bukan berupa nomer dan angka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya dampak buruk pada perkembangan psikologi anak dari penggunaan gadget disamping juga dampak baik yang ditimbulkannya. Oleh sebab itu peran orang tua sangat penting di dalam membatasi anak dalam penggunaan gadget karena dampak buruk timbul pada anak yang penggunaan gadget dalam sehari melebihi dua jam.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Khoiriyah Muzakki, Laylatul Usriyah, Mu'allimin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.