Penguatan Budaya Lokal dalam Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di MI Maulana Maghribi Bantul Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.32678/ibtidai.v11i2.11170


Keywords:
Budaya Lokal, Kurikulum Merdeka, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), MadrasahAbstract
Penguatan budaya lokal dalam Kurikulum Merdeka sejalan dengan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang harus diimplementasikan. Melalui pemilihan dimensi berkebhinekaan global dengan tema kearifan lokal, Madrasah Ibtidaiyah (MI) Maulana Maghribi Bantul Yogyakarta mengimplementasikan P5. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Peneliti menggunakan pendekatan studi kasus dengan pengumpulan data secara detail. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini melakukan 4 bentuk analisis: pengumpulan kategori, interpretasi langsung, membentuk pola, dan pengembangan generalisasi naturalistis. Implementasi P5 di sekolah ini terdiri atas 3 tahap yaitu perencanaan proyek, implementasi proyek, serta evaluasi dan tindak lanjut. Bentuk penguatan budaya lokal yang dilakukan di sekolah ini antara lain: Pertama, permainan tradisional di mana peserta didik melakukan identifikasi beberapa permainan tradisional beserta cara dan aturan permainan. Melalui permainan tradisional, peserta didik dapat terbentuk karakter positif serta budaya lokal yang terus diwariskan dan dikembangkan. Kedua, penggunaan bahasa Jawa pada hari Sabtu di lingkungan MI Maulana Maghribi yang bertepatan dengan pelaksanaan P5. Bahasa Jawa krama dapat membentuk profil Pancasila (karakter) peserta didik berupa kemampuan komunikasi dengan memperhatikan lawan bicara (kesopanan). Di samping itu, penguatan budaya lokal dilakukan dengan mengajarkan sastra Jawa berupa cerita rakyat
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muchamad Mufid

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.