Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi FPB Dan KPK Dengan Metode Sisir

Authors

  • Aan Suryani UIN SMH Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/ibtidai.v5i02.1231
Statistics: Abstract viewed : 171 times | PDF downloaded : 1926 times

Keywords:

Metode sisir, Materi FPB dan KPK, Hasil belajar, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan metode sisir pada mata pelajaran Matematika tentang  FPB dan KPK kelas IV di SDN Banjarsari 5 dan untuk mengetahui bagaimana aktivitas serta respon siswa dan guru terhadap metode sisir pada materi FPB dan KPK. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi/pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan diskusi. Hasil rata-rata dalam penelitian ini bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari prasiklus, siklus I dan siklus II yaitu Prasiklus (49.143), siklus I (69.6) dan siklus II (74.857).Presentase ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan dari tiap siklus.Prasiklus yaitu 23%, siklus I yaitu 69%, dan siklus II yaitu 80%.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada materi FPB dan KPK dilihat dari keberhasilan pencapaian setiap indikator keberhasilan penelitian.Dengan ini bahwa metode sisir pada materi FPB dan KPK dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa SD N Banjarsari 5 kecamatan Cipocok Jaya Kota Serang.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-12-18

How to Cite

Suryani, A. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi FPB Dan KPK Dengan Metode Sisir. Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 5(2), 203–218. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v5i02.1231

Issue

Section

Original Research Article