Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Operasi Hitung Satuan Waktu Menggunakan Model Realistic Mathematics
DOI:
https://doi.org/10.32678/ibtidai.v5i01.1319


Keywords:
Realistic Mathematics Education (RME),, hasil belajar, PTK, operasi hitung satuan waktuAbstract
Pembelajaran operasi hitung satuan waktu merupakan salah satu materi pada pelajaran matematika yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam pelaksanaan pembelajarannya siswa perlu adanya pembelajaran secara nyata dan dapat dilakukan sesuai teori yang mereka dapat di sekolah. Sehingga dalam pelaksanaan pembelajarannya dibantu dengan menggunakan Model Realisctic Mathematics Education. Model Realistic Mathematics memberikan gambaran yang nyata dalam pembelajarannya. Sehingga anak bisa memahami beberapa teori yang abstrak menjadi lebih nyata. Dalam pelaksanaanya anak diberi kesempatan dalam memecahkan masalah dengan cara mereka tersendiri. Dilanjutkan dengan mendiskusikan hasil para siswa dengan guru. Dari dua siklus yang dilakukan dalam penelitian, terbukti adanya peningkatan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen penelitian yang digunakan adalah obeservasi dan tes.Subjek penelitian ini berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan, dengan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran operasi hitung satuan waktu melalui model Realistic Mathematics Education sangatlah tepat. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi aktivitas kegiatan belajar siswa semula pada siklus I nilai rata-ratanya adalah 67,67, kemudian pada siklus II nilai rata-ratanya menjadi 91,23. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran operasi hitung satuan waktu menggunakan model Realistic Mathematics Education sangat tepat digunakan di SDN Cikolelet Desa Cikolelet Kecamatan Cinangka Kabupaten Serang.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.