Peningkatan Hasil Belajar PKN Pada Pokok Bahasan Kebebasab Berorganisasi Melalui Model Pair Checks
DOI:
https://doi.org/10.32678/ibtidai.v5i01.1322


Keywords:
Hasil belajar, kebebasan berorganisasi, model pembelajaran Pair ChecksAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran PKn pada kelas V SDN I Sukaraja yang pada umumnya guru memang masih menggunakan metode konvensional yakni proses pembelajarannya hanya berpusat pada guru saja (teacher center) Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas, dan subyek penelitiannya adalah peneliti sebagai pelaku tindakan kelas dan siswa kelas V SDN I Sukaraja Kec.Malingping Kab.Lebak. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes tertulis. Rancangan penelitian tindakan yang dipilih yaitu model siklus terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi unsur perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.. Model pair checks yang digunakan peneliti dalam PTK ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas dalam pembelajaran siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I persentase aktivitas belajar siswa (69,05%) dan terjadi peningkatan pada siklus II yaitu (81,53%). Maka aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar (12,48 %). Hasil belajar siswa pada tahap siklus I presentase ketuntasan belajar siswa hanya mencapai (36,73%). Sedangkan pada tahap siklus II presentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi (86,27%), maka hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar (49,54%). Dengan demikian penerapan model pair checks terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pokok bahasan kebebasan berorganisasi.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.