Penggunaan Kartu Berwarna Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat
DOI:
https://doi.org/10.32678/ibtidai.v5i01.1324


Keywords:
Meningkatkan hasil belajar Matematika di SD, media kartu berwarnaAbstract
Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang rendah pada mata pelajaran Matematika dengan materi Penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di kelas IV SDN Turus 1 Kecamatan Patia Kabupaten Pandeglang. Hal ini disebabkan karena pemahaman dan minat siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat masih rendah, kurang aktif dan guru tidak menggunakan media. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar matematika pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan kartu berwarna di kelas IV SDN Turus 1. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan kartu berwarna di kelas IV SDN Turus I Kecamatan Patia Kabupaten Pandeglang.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dan dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan pedoman observasi.
Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan pra siklus (25,40%), siklus I (51,85%), siklus II (88,89%) nilai rata-rata kelas pada pra siklus (57,40), siklus I (65,92), Siklus II (83,70) aktivitas siswa pada siklus I (65,62%) dan siklus II (90,62%). Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa dengan menggunakan Kartu Berwarna dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.