Analisis Kesalahan Dalam Mengerjakan Soal Cerita Tentang Keliling Dan Luas Bangun Datar
DOI:
https://doi.org/10.32678/ibtidai.v5i01.1325


Keywords:
Kesalahan Siswa, Bangun Datar, MatematikaAbstract
Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal bangun datar. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata – rata kelas yang masih dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh pemahaman konsep dan keterampilan berpikir yang masih kurang dikuasai siswa. Jenis-jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal perlu diketahui, sehingga kesalahan – kesalahan dapat diperbaiki dan diminimalisirkan, agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah langkah siswa dalam mengerjakan soal bangun datar dan untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal. Subjek penelitian ini adalah 29 siswa kelas V SDN Pipitan tahun ajaran 2017/ 2018. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Instrument penelitian yang digunakan berupa tes tertulis. Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes tertulis dan hasil wawancara siswa. Dan untuk wawancara peneliti memilih 5 orang siswa kelas V. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 4 jenis kesalahan yang dilakukansiswa, yaitu kesalahan penyimpangan teorema atau definisi sebesar 31, 54%, kesalahan data sebesar 33, 17% kesalahan teknis sebesar 20, 32%, dan keslahan penarikan kesimpulan 8, 64%, pada penelitian ini juga ditemukan siswa yang tidak menuliskan jawaban sebesar 6, 30%. Penyebab terjadinya kesalahan – keslahan tersebut adalah siswa tidak hafal rumus, atau tidak mengingat rumus dengan baik, ketidaktelitian siswa dalam membaca soal, ketidaktelitian siswa dalam menghitung, tergesa- gesa, kurang memahami materi, dan kurang berlatih mengerjakan soal- soal cerita.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.