PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI

Authors

  • Hanafiyah Hanafiyah Jurusan PGMI FTK IAIN SMH Banten
  • Supardi Supardi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten
Statistics: Abstract viewed : 200 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 297 times

Keywords:

Hasil belajar, media puzzle, Teknologi produksi, komunikasi dan transportasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pembelajaran menggunaan media puzzle dan meningkatkan hasil belajar siswa materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Mc Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, tindakan,  observasi/pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan ada peningkatan pembelajaran menggunakan media puzzle, hal ini terlihat pada observasi aktivitas siswa pada siklus I sebesar 3,16, pada siklus II sebesar 3,48, dan aktivitas pembelajaran guru pada siklus I sebesar 43,33% sedangkan pada siklus II sebesar 52,61%, dan terjadi peningkatan hasil belajar siswa, hal ini dibuktikan dengan hasil nilai rata-rata kelas yang mengalami peningkatan sebanyak 21,5 dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I nilai rata-rata siswa diperoleh sebanyak 67,50 dan siswa yang tuntas sebanyak 12 siswa dengan persentase ketuntasan mencapai 60,00% sedangkan pada siklus II nilai rata-rata mencapai 89,00 dan siswa yang tuntas sebanyak 17 siswa dengan persentase ketuntasan mencapai 85,00%. Hasil penelitian menunjukan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi dengan menggunakan media puzzle. Dengan demikian media puzzle dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar serta aktivitas siswa dan guru.

Author Biographies

Hanafiyah Hanafiyah, Jurusan PGMI FTK IAIN SMH Banten

Alumni Jurusan PGMI FTK IAIN SMH Banten

Supardi Supardi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten

Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten

Published

2016-12-30

How to Cite

Hanafiyah, H., & Supardi, S. (2016). PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI. Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 3(2), 139. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai/article/view/163

Issue

Section

Original Research Article