PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG OPERASI PERKALIAN PECAHAN MELALUI METODE RESITASI

Authors

  • Ratu Ratih Candrayani Jurusan PGMI FTK IAIN SMH Banten
  • M. Rifqi Rijal Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten
Statistics: Abstract viewed : 154 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 125 times

Keywords:

Hasil belajar, metode resitasi, PTK, matematika materi operasi perkalian pecahan

Abstract

Permasalahan ketidak aktifan siswa dalam mengikuti pelajaran matematika adalah siswa kelihatannya jenuh mengikuti pelajaran matematika dan siswa kurang memperhatikan terhadap pembelajaran sehingga mengakibatkan hasil belajar rendah. Salah satu solusi masalah yang dianggap sesuai dalam pembelajaran tersebut adalah dengan penerapan motode resitasi. Metode resitasi adalah cara penyajian bahan pelajaran dimana guru memberikan tugas tertentu agar murid melakukan kegiatan belajar, kemudian harus dipertanggungjawabkannya. Tugas yang diberikan oleh guru dapat memperdalam bahan pelajaran, dan dapat pula mengecek bahan yang telah dipelajari. Tugas dan resitasi merangsang anak untuk aktif belajar baik secara individual maupun kelompok. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, terdiri atas: perencanaan, tindakan observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan peningkatan hasil belajar pada tiap siklus. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode resitasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan operasi perkalian pecahan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ratu Ratih Candrayani, Jurusan PGMI FTK IAIN SMH Banten

Alumni Jurusan PGMI FTK IAIN SMH Banten

M. Rifqi Rijal, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten

Alumni Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten

Published

2016-12-30

How to Cite

Candrayani, R. R., & Rijal, M. R. (2016). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG OPERASI PERKALIAN PECAHAN MELALUI METODE RESITASI. Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 3(2), 199. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai/article/view/167

Issue

Section

Original Research Article