Pendekatan Saintifik untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 pada Peserta Didik Sekolah Dasar

Authors

  • Reksa Adya Pribadi
  • Dinda Pramestia Sailendra
  • Falih Azmi

DOI:

https://doi.org/10.32678/ibtidai.v9i1.5245
Statistics: Abstract viewed : 325 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 756 times

Keywords:

Pendekatan Saintifik, Keterampilan Abad 21, Sekolah Dasar

Abstract

Di abad 21, pendidikan menjadi hal yang penting dalam membina generasi penerus bangsa agar memiliki kemampuan belajar berpikir ilmiah dan berinovasi dalam teknologi. Berbagai inovasi telah dicanangkan oleh pemerintah diantaranya penerapan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dalam mengembangkan keterampilan abad 21 pada peserta didik kelas 5 Thariq Bin Ziyad SDIT Irsyadul Ibad. Penelitian ini, menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan analisis data model Miles dan Huberman. Teknik pengumpulan data meliputi reduksi dan penyajian data, lalu penarikan kesimpulan. Instrumen pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara, analisis dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, bahwa pelaksanaan pembelajaran di kelas 5 Thariq Bin Ziyad telah menerapkan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik yaitu kegiatan 5M (menanya, mengamati, menalar, mengumpullkan informasi, dan mengkomunikasikan) untuk mengembangkan keterampilan abad 21 yang mencakup 4C (communication, collaboration, critical thinking, dan creativity skill).

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-06-29

How to Cite

Pribadi, R. A., Sailendra, D. P., & Azmi, F. (2022). Pendekatan Saintifik untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 9(1), 43–56. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v9i1.5245

Issue

Section

Original Research Article