UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MINI BOOK (PTK di Kelas V SDN Pontang 2)

Authors

  • Bayinah Bayinah UIN SMH BANTEN

DOI:

https://doi.org/10.32678/ibtidai.v8i2.5282
Statistics: Abstract viewed : 160 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 234 times

Keywords:

Kata kunci: Menulis, Karangan, Mini Book

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan menulis karangan siswa dengan menggunakan media mini book. Peneliti menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan  model Kemmis & Mc Taggart yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Pontang 2 dengan jumlah sampel 20 siswa. Untuk mengetahui hasil penelitian, peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media mini book dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan dan meningkatkan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya yaitu dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata kelas yang mengalami peningkatan sebanyak 17,05% dari siklus 1 ke siklus 2. Pada siklus 1 nilai rata-rata siswa diperoleh sebanyak (64,25) dengan persentase ketuntasan mencapai 40% dan pada siklus 2 nilai rata-rata siswa mencapai (81,6) dengan persentase ketuntasan mencapai 85%. Selain meningkatkan hasil belajar, aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya, hal ini dapat dilihat dari nilai aktivitas belajar siswa pada siklus 1 yang mencapai persentase sebanyak 69,11% dan pada siklus 2 mencapai persentase sebanyak 86,76%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media mini book dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan.

Published

2021-12-30

How to Cite

Bayinah, B. (2021). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MINI BOOK (PTK di Kelas V SDN Pontang 2). Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 8(2), 149–160. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v8i2.5282

Issue

Section

Original Research Article