Analisis Pemahaman Konsep IPS Materi Keberagaman Budaya Bangsaku pada Siswa Kelas IV di SD Negeri 18 Lahat

Authors

  • Seli Okpiani UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG
  • Kiki Aryaningrum
  • Arief Kuswidyanarko

DOI:

https://doi.org/10.32678/ibtidai.v9i1.5348
Statistics: Abstract viewed : 1002 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 915 times

Keywords:

emahaman Konsep IPS, Keberagaman Budaya Bangsaku

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah  (1) untuk Untuk mengetahui tingkat kemampuan pemahaman konsep IPS materi keragaman budaya bangsaku pada siswa kelas IV di SD Negeri 18 Lahat serta (2) Untuk mengetahui Peranan guru terhadap pemahaman konsep IPS materi keragaman budaya bangsaku pada siswa kelas IV di SD Negeri 18 Lahat.Metode pengumpulan data yang digunakan metode dokumentasi, wawancara, dan  tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode analisis data deskriptif kualitatif.Hasil dari penelitian ini yaitu dapat terlihat dari kategori 75% sangat baik berjumlah 15 siswa, dalam kategori 15% baik berjumlah 3 siswa, dalam kategori 10% cukup bejumlah 2 siswa dan gagal berjumlah 0, maka nilai rata-rata tingkat pemahaman konsep IPS sebesar 80 yang termasuk kedalam kategori baik. Dari hasil analisis data diatas, dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep materi keberagaman budaya bangsaku pada siswa kelas IV SD Negeri 18 Lahat sudah baik dan terdapat peranan guru dalam pemahaman konsep IPS materi keragaman budaya bangsaku pada siswa kelas IV di SD Negeri 18 Lahat.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-06-29

How to Cite

Okpiani, S., Aryaningrum, K., & Kuswidyanarko, A. (2022). Analisis Pemahaman Konsep IPS Materi Keberagaman Budaya Bangsaku pada Siswa Kelas IV di SD Negeri 18 Lahat. Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 9(1), 57–68. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v9i1.5348

Issue

Section

Original Research Article