Analisis Pemahaman Konsep IPS Materi Keberagaman Budaya Bangsaku pada Siswa Kelas IV di SD Negeri 18 Lahat
DOI:
https://doi.org/10.32678/ibtidai.v9i1.5348


Keywords:
emahaman Konsep IPS, Keberagaman Budaya BangsakuAbstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk Untuk mengetahui tingkat kemampuan pemahaman konsep IPS materi keragaman budaya bangsaku pada siswa kelas IV di SD Negeri 18 Lahat serta (2) Untuk mengetahui Peranan guru terhadap pemahaman konsep IPS materi keragaman budaya bangsaku pada siswa kelas IV di SD Negeri 18 Lahat.Metode pengumpulan data yang digunakan metode dokumentasi, wawancara, dan tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode analisis data deskriptif kualitatif.Hasil dari penelitian ini yaitu dapat terlihat dari kategori 75% sangat baik berjumlah 15 siswa, dalam kategori 15% baik berjumlah 3 siswa, dalam kategori 10% cukup bejumlah 2 siswa dan gagal berjumlah 0, maka nilai rata-rata tingkat pemahaman konsep IPS sebesar 80 yang termasuk kedalam kategori baik. Dari hasil analisis data diatas, dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep materi keberagaman budaya bangsaku pada siswa kelas IV SD Negeri 18 Lahat sudah baik dan terdapat peranan guru dalam pemahaman konsep IPS materi keragaman budaya bangsaku pada siswa kelas IV di SD Negeri 18 Lahat.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.