Pembuatan Bahan Ajar Matematika Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) bagi Mahasiswa Tingkat Akhir pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
DOI:
https://doi.org/10.32678/ibtidai.v10i1.7882Keywords:
Modul, RMEAbstract
Salah satu upaya peningkatan mutu pendidikan matematika, yaitu dengan meningkatkan mutu kompetensi lulusan, yaitu Calon Guru yang dihasilkan oleh perguruan tinggi. Tujuan kegiatan ini untuk menganalisis kemampuan awal mahasiswa tingkat akhir Prodi PGMI UIN Ar-Raniry Banda Aceh dalam memahami konsep awal pembelajaran matematika sebelum dilakukan pendampingan. Mendeskripsikan bentuk pendampingan pembuatan bahan ajar matematika berbasis Realistic Mathematics Education (RME) yang dilakukan. Secara umum model pendampingan yang dilakukan menjadi tiga tahapan yaitu tahap persiapan dan koordinasi, tahap pelaksanaan, dan tahap pendampingan. Hasil penelitian adalah 1. Bahan Ajar berbasis RME dapat digunakan sebagai salah satu referensi bahan ajar pada kegiatan MK PPL, Micro Teaching, Pembelajaran Matematika MI I dan II, serta persiapan instrument penelitian, yang diharapkan dapat memberi acuan untuk proses implementasi pembelajaran matematika SD/MI yang lebih baik ke depan 2. Mahasiswa disini merupakan calon guru yang ingin mengembangkan potensinya dalam merancang perangkat pembelajaran RME harus membiasakan diri untuk membuat bahan ajar berbasis RME dengan tujuan dapat menstimulus peserta didik berfikir kritis dan kreatif. 3. Mahasiswa dapat membuat instrumen penilain dan perangkat pembelajaran RME untuk dijadikan bantuan dalam mempersiapkan instrumen tes untuk mengukur keberhasilan belajar peserta didik sekaligus sebagai umpan balik perbaikan proses pembelajaran.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Zikra Hayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
IBTIDA'I JURNAL: https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/ibtidai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in Ibtida'i : Jurnal Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.