Pembentukan Jiwa Kepemimpinan Mahasiswa dan Kepatuhan Siswa Sekolah Dasar melalui Realisasi Program “KAMPUS MENGAJAR”
DOI:
https://doi.org/10.32678/ibtidai.v10i2.9453Keywords:
Pembentukan Karakter, Pemimpin, Mahasiswa dan Siswa, Kampus MengajarAbstract
Karakteristik siswa sekolah dasar terbilang unik karena mereka masih sangat polos. Jadi, mereka mudah terpengaruh oleh hal-hal yang baru sehingga rasa ingin tahunya pun berlebihan akan hal tersebut. Tak tertutup kemungkinan di antara mereka ada yang salah dalam bergaul. Oleh karena itu, perlu ada pembentukan karakter bagi siswa SD sejak dini agar mereka tidak salah dalam melangkah. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan program MBKM di sekolah dasar. Program tersebut yang paling dekat dan cocok dengan sekolah dasar adalah “Kampus Mengajar” (KM). Tujuan penelitian ini adalah penulis ingin mengetahui dampak apa saja yang dapat dirasakan dengan adanya program KM di SDN Ki Hajar Dewantara. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui siapa saja yang terkena dampak dari adanya program tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan observasi langsung di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan diimplementasikan program “Kampus Mengajar”, para mahasiswa dan siswa sekolah dasar di sana menjadi terbentuk jiwa kepemimpinannya. Dengan begitu, mereka akan semakin siap dalam beraktivitas dan berhati-hati dalam bertindak. Di samping itu, karakter kepatuhan siswa terhadap aturan sekolah pun semakin meningkat. Buktinya adalah para siswa menjadi lebih antusias, disiplin, dan bertanggung jawab dalam setiap tugasnya.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Heru Pratikno
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
IBTIDA'I JURNAL: https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/ibtidai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in Ibtida'i : Jurnal Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.