Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Dewi Nurhayati Jurusan PGSD, FKIP Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Astri Sutisnawati Jurusan PGSD, FKIP Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Luthfi Hamdani Maula Jurusan PGSD, FKIP Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.32678/ibtidai.v11i01.9861
Statistics: Abstract viewed : 285 times | PDF downloaded : 1666 times

Keywords:

Pembelajaran Berdiferensiasi, Kurikulum, Merdeka belajar

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi ialah pembelajaran yang menerima serta mengakui  dengan adanya kesiapan, minat, serta preferensi belajar sehingga terjadilah keberagaman belajar siswa. Pembelajaran yang dibedakan adalah pendekatan yang sadar bahwa setiap siswa mempunyai kemampuan serta kebutuhan yang berbeda-beda. Tujuan Kurikulum Merdeka adalah menyediakan pembelajaran yang berkualitas tinggi yang memenuhi kebutuhan belajar peserta didik, juga dikenal sebagai pembelajaran berdiferensiasi. Oleh karena itu, pembelajaran bagi peserta didik sangat penting selama pelaksanaannya. Tujuan dilakukannya pendekatan berdiferensiasi agar siswa menerima pendekatan yang sesuai dengan karakteristik serta kebutuhan siswa untuk memaksimalkan potensi serta memiliki motivasi dalam proses pembelajaran. Pembelajaran berdiferensiasi adalah metode pembelajaran yang memungkinkan guru untuk memenuhi kebutuhan unik setiap siswa di kelas. Dalam praktiknya, guru akan memberikan materi dan aktivitas yang disesuaikan dengan tingkat pemahaman dan gaya belajar masing-masing siswa. Ada tiga jenis pembelajaran berdiferensiasi di kelas: diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk. Dalam pembelajaran berdiferensiasi, siswa memiliki banyak pilihan berbeda untuk materi pembelajaran, metode pengajaran, dan penilaian. Penelitian ini menggunakan metode studi kualitatif dengan studi kasus dan bersifat deskriptif yang memiliki tujuan untuk menganalisis tahapan pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi. Hasil penelitian tentang pembelajaran berdiferensiasi juga menjawab beragamnya kebutuhan serta gaya belajar siswa. Pembelajaran diferensiasi dapat diterapkan secara optimal di sekolah dan di kelas jika didukung oleh budaya yang mendukung

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Nurhayati, D., Sutisnawati, A., & Maula, L. H. (2024). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas IV Sekolah Dasar. Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 11(1), 39–56. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v11i01.9861

Issue

Section

Articles